Rabu, 18 Januari 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Januari 2017



Segala sesuatu yang setelah dilihat dan didengar, takkan menimbulkan niat membunuh, mencuri, asusila dan berbohong, disebut sebagai pemikiran tidak sesat.

Sebaliknya keadaan masyarakat sekarang ini malah takut kalau pikiran anda tidak ikut sesat, sehingga benar dan salah diputarbalikkan, barulah ada begitu banyak bencana.

Maka itu berapa banyak orang yang mengatakan bahwa hati manusia sudah jadi jahat, masyarakat bergejolak, apa yang harus dilakukan? Satu-satunya jalan keluar hanyalah membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, berniat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati. Di Alam Sukhavati tidak ada kejahatan, anda takkan melihatnya juga takkan mendengarnya.

Sebaliknya di dunia kita ini begitu kacaunya, bahkan sepanjang perkembangan sejarah belum ada kondisi serupa ini.

Maka itu belajar Ajaran Buddha pada masa kini adalah sulit, kita mendengar ceramah yang diberikan oleh para praktisi senior begitu bagus, tapi mesti diingat baik-baik ucapan Konfusius berikut ini : “Mendengar ucapannya dan mengamati tindakannya”.

Dia pintar berteori, apakah dia sudah mengamalkannya? Amatilah dengan seksama, kalau memang dia cuma bisa berteori saja maka setelah mendengarkan ceramahnya, angguk-angguk kepala, terhadap pengamalannya geleng-geleng kepala, tidak boleh belajar padanya. Oleh karena belajar padanya adalah menirunya berbohong, menghasut, berkata kasar, merayu, betulkan? Lihat saja sudah tahu.

Sebagai siswa Buddha sejati yang telah mengambil Visudhi Trisarana, ucapan dan tindakan mesti sejalan. Dalam kondisi masyarakat sekarang hal ini amatlah perlu, sebelum melontarkan teori hendaknya bisa diamalkan terlebih dulu, kalau tidak sanggup diamalkan saya tidak berani mengatakannya keluar. Ini barulah siswa Buddha sejati, menjadi teladan yang baik bagi orang banyak.

Demikian pula kalau mengambil papan merek orang lain, memperalat nama baik orang lain untuk menggantung label halal, tapi melakukan berbagai perbuatan yang tidak benar, padahal khayalak ramai juga bisa menilai prilaku orang ini, anda menciptakan karma buruk, kelak jatuh ke tiga alam rendah menjalani siksaan, di dalam sutra sudah disebutkan dengan jelas.

Maka itu kita mesti bermawas diri, setelah sanggup mengamalkannya barulah melontarkan teori keluar. Setiap saat mengingatkan diri sendiri, saya harus menjadi teladan yang baik bagi orang banyak, takkan mengabaikan Triratna, tidak boleh memalukan leluhur, jangan sampai bersalah pada ayahbunda dan guru yang selama ini bersusah payah mendidikku.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Januari 2017

表現出來讓你看到的、聽到的、接觸到的,不會動殺、盜、淫、妄這個念頭,這叫思無邪。現在的社會好像唯恐你不邪,邪正顛倒了,才有這麼多的災難。所以多少人說人心壞了,社會亂了,怎麼辦?只有念佛人有辦法,他有什麼辦法?信願持名,求生淨土。極樂世界沒有這些事情,你看不到,你聽不到,接觸不到,極樂世界究竟圓滿的把孔子思無邪做到了,好啊!我們今天社會動亂,可以說史無前例,亂成一團。

學佛難!我們聽到有些法師大德講得很好,記住,孔老夫子警告我們,「聽其言而觀其行」,「觀其行」這三個字重要。他說得很好,他做到沒有?細心去觀察。如果他沒做到,我們只聽他上半句,聽其言,下面觀其行則就不要了,意思你懂了嗎?說得很好,點點頭,行為,則搖搖頭,不能跟他學,跟他學是騙人,那妄語、兩舌、惡口、綺語,是不是?一看就看出來了。我們自己真正做佛弟子,皈依三寶了,一定言行一致。在今天的社會,有這個必要,先行其言,我還沒有說話,我先做到,做到之後再說,沒有做到的我不敢說。這是真佛弟子,給社會大眾做佛門弟子的好榜樣,人家一看,這是佛的學生、菩薩的學生,是個學聖賢人的人,這就對了。

如果拿著別人的招牌,自己掛上,做出種種不法的事情,社會大眾有明白人,不是沒有,明白人看得出來,你在造惡業,你將來要受三途苦報,這經上講得多清楚多明白,不是假的。所以我們謹慎一點,還是先行其言。處處能夠想到,我言行舉止都要給大眾做好榜樣,不能虧負三寶,不能辜負祖先,父母怎麼教我的,老師怎麼教我的,我要對得起父母師長。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四一七集)  2017/1/13





 

Orang yang membangkitkan keyakinan pada Buddha Dharma, seperti yang disebutkan di dalam sutra, adalah merupakan orang yang telah menanam benih KeBuddhaan dan akar kebajikan selama kalpa yang tak terhingga, pada satu masa kehidupan ini anda mendengar Ajaran Buddha barulah anda bersukacita dan menerimanya, takkan melakukan penolakan, tiada keraguan sama sekali.

Dalam satu masa kehidupan ini, kemajuan batin anda berkembang kian pesat, takkan merosot, semua ini mengandalkan jasa kebajikan yang diperbuat pada masa kelahiran lampau.

Praktisi yang yakin pada Aliran Tanah Suci adalah lebih unggul lagi, mengapa demikian? Buddha Sakyamuni membabarkan, pada masa kelahiran lampau praktisi ini telah memberikan persembahan kepada para Buddha yang tak terhingga dan tak terhitung jumlahnya.

Pada satu masa kehidupan ini bersua dengan Aliran Tanah Suci, oleh karena memperoleh pemberkatan dari para Buddha sehingga anda mampu membangkitkan keyakinan mendalam tanpa keraguan sama sekali, anda dapat melafal Amituofo dengan setulus hati, pada satu masa kehidupan ini terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Kita melihat praktisi yang benar-benar yakin dan serius melafal Amituofo, maka bisa diketahui bahwa pada masa kelahiran lampau memiliki akar kebajikan yang tebal, kita mesti menghormatinya, memuji dan bernamaskara padanya, oleh karena pada satu masa kehidupan ini dia pasti mencapai KeBuddhaan, kita tak sebanding dengannya, yakni Master Hai Xian.

Saya sendiri menerima Pintu Dharma ini tanpa keraguan sama sekali, membutuhkan waktu selama 30 tahun, yakni dari mempelajari ajaran sutra. Tanpa belajar berkesinambungan selama kurun waktu 30 tahun ini, saya masih diliputi keraguan.

Saya memberi ceramah Dharma, tahun ini sudah 58 tahun lamanya, setelah yakin sepenuhnya, saya melepaskan seluruh sutra Aliran Mahayana, menfokuskan diri menceramahkan “Sutra Usia Tanpa Batas”.        

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Januari 2017

能信佛法的人,經上說得好,都是無量劫種下佛的種子、善根,你這一生接觸到,你才聽到歡喜,才會接受,不排斥,不懷疑。在這一生當中,你更向上提升,你不會向下墮落,仰靠過去生中所做的功德。能信淨土的人那很了不起,為什麼?佛說了,過去生中曾經供養無數諸佛,佛都數不清,無量無數。這一生當中遇到淨土,得過去諸佛威神加持,你能夠深信不疑,你能夠老實念佛,這一生往生淨土。我們看到一個真正相信、真正念佛人,就知道過去生中善根深厚,我們對他要尊重,對他要讚歎要禮拜,他這一生肯定作佛去了,我們跟他比不如他。像誰?海賢老和尚、他的母親,海慶,他的師弟,這些人都是過去生中供養無量諸佛如來,才有這樣殊勝的善根,殊勝的果報。

我接受這個法門,到不懷疑,我給諸位做過報告,我花了三十年。用什麼方法?大乘經教,從大乘經教裡面醒悟過來,肯定佛不會妄語。為什麼?我自己不妄語,那佛要妄語,佛不如我。我是佛弟子,用了三十年的時間真正相信,不再懷疑。要沒有這三十年經教的薰習,我還是懷疑。我講經教學到今年五十八年,一半的時間才相信,真正接受了,把大乘經都放下,專講這部《無量壽經》。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四一七集)  2017/1/13


 

 

Belajar Ajaran Buddha, anda ingin mencapai KeBuddhaan, anda bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, anda tidak boleh berbohong, mengapa demikian? Oleh karena berdusta menggunakan hati semu, bukan hati sejati.

Tak peduli terhadap diri sendiri maupun orang lain, juga harus jujur. Mungkin sebagian orang tidak suka mendengar perkataan sejujurnya, kalau tidak suka mendengar, kita boleh tidak mengucapkannya keluar, tapi tidak boleh mengelabuinya.

Dalam masyarakat hari ini, berapa banyak orang yang menggunakan cara menipu untuk mendapatkan kekayaan, rupa, ketenaran dan keuntungan tidak halal, dimana-mana bisa dijumpai.

Apa yang membuat dunia ini kian kacau? Yakni berbohong. Berdusta merupakan alat untuk menciptakan pergolakan masyarakat. Dari mana asal mula berbohong?  Dari niat jahat.

Berbohong itu bisa mencakup :
1. Menghasut
2. Merayu : kata yang enak didengar, membuatmu terjebak
3. Berkata kasar : kata yang tidak sedap didengar, melukai hati
4. Berdusta

Empat jenis ucapan ini sudah begitu lazim dalam masyarakat sekarang ini, yang bisa ditemukan di televisi, internet bahkan telepon genggam, sungguh mengerikan! Tak peduli dimana saja dan kapan saja, anda juga bisa menjumpainya.

Lantas bagaimana? Dimulai dari diriku sendiri, takkan berbohong. Jangan mengurusi orang lain, anda nasehati dia juga takkan sudi mendengarnya, oleh karena dengan berbohong dia bisa meraih keuntungan yang didambakannya, dia bisa menggapai nafsu keinginannya, dia menciptakan karma buruk.

Maka itu kita harus belajar berkata sejujurnya, dengan demikian barulah bisa memperoleh kebahagiaan. Takkan mengelabui orang lain, orang lain menipuku tidak masalah, yang penting saya tidak mengelabui orang lain.

Ditipu orang juga takkan berperhitungan dengannya, mengapa tidak melakukan perhitungan dengannya? Oleh karena segala sesuatu adalah khayalan semu, apa yang ingin anda perhitungkan?

Sudah menderita kerugian, uang juga sudah melayang, semua ini juga bukan nyata adanya, saat lahir tidak membawanya datang, saat mati juga tidak membawanya pergi.

Maka itu janganlah karena hal ini sehingga menutupi jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan) diri sendiri.       

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Januari 2017


學佛,你想成佛,你想求生淨土,你不能妄語,為什麼?因為真心,妄語是用妄心,不是用真心。無論對自己,對自己,一天從早到晚,不欺騙自己,不欺騙別人,句句話都是實話。實話有人不愛聽,不愛聽可以不說,不能欺騙他,這就對了。

《大乘義章》裡頭說,「言不當實」,不真實,「故稱為妄。妄有所談,故名妄語」。妄語的範圍就大了,有欺騙一個人的,有欺騙大眾。上台演說,欺騙大眾,這都叫妄語。欺騙一個人罪輕,如果有影響的,欺騙大眾的,罪重。「故知」,這是念老的話,「心存欺誑,口出不實之言,即名妄語」。今天這個社會,多少人用妄語的手段,得到不義的財色名利,到處都能看到。亂世是什麼造成的?妄語造成的,妄語是造成社會動亂的工具。它從哪裡來的?它從惡念來的,不善的念頭,從這來的。

下面,「又口之四過,亦即十惡中口業之四惡」,這口的四種惡,四大類,「名為兩舌、惡口、妄言(即妄語)、綺語」。《淨影疏》裡頭說:「口之四過,不應法故」,應是相應,與法不相應,法是如來的教法。所以統統叫妄語。妄語包括這四種,兩舌、綺語、惡口,惡口是說話很粗魯、很難聽,都是語言傷人的,兩舌是挑撥是非,綺語是花言巧語,說得很好聽,叫你上當。這四種在今天社會非常普遍,特別是媒體上見到,電視上見到,網路上見到,現在甚至於在手機上見到,多可怕!無論在什麼處所,無論在什麼場地,你統統都看在眼裡。

怎麼辦?從我自己不妄語辦。別去管別人,你勸他他不會聽的,他在這妄語裡頭他圖他的利益,他達到他的欲望,他造作罪業。所以,我們要學就是真實語,真實語才能得樂,才能離苦。不欺騙別人,被人欺騙沒關係,我不欺騙別人。被人欺騙也不計較,為什麼不計較?假的,全是假的,你計較幹什麼?錢財損失了,財產損失了,都不是真的,生不帶來,死不帶去。所以,不必為這些要掩飾自己的真相,不可以,真就是真,妄就是妄。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四一七集)  2017/1/13





 

Berdusta takkan membawa manfaat bagi diri sendiri, yang ada hanyalah kerugian, tidak ada manfaatnya, buat apa melakukannya? Terkecuali berdusta demi melindungi nyawa makhluk hidup lainnya, hal ini disebutkan di dalam sutra Buddha.

Kala itu ada seorang Bhiksu yang sedang berpindapatra, di tengah perjalanan bertemu dengan pemburu, pemburu sedang mengejar seekor kelinci, sampai di perempatan jalan kehilangan jejak hewan buruannya.

Pemburu bertanya pada Bhiksu, apakah ada melihat kelinci tersebut dan kabur ke arah mana? Bhiksu mengelabui pemburu dengan menunjuk ke arah yang salah.

Tipuan ini telah menyelamatkan nyawa seekor kelinci, juga menyelamatkan si pemburu dari menciptakan karma buruk, ini disebut sebagai pengecualian, ini membawa manfaat bagi makhluk lainnya dan bukan untuk menguntungkan diri sendiri.

Diri sendiri ikhlas berbuat kesalahan dengan cara berbohong, tetapi saya telah menyelamatkan dua makhluk yakni pemburu dan kelinci.

Jadi sila itu juga ada pengecualiannya, tidak bisa terlalu kaku. Maka itu Master Zhang Jia berkata, “Ajaran Buddha menitikberatkan pada subtansi dan bukan pada formalitas”, kita harus memahami kebenaran ini barulah memperoleh manfaat yang sesungguhnya dari melatih diri.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Januari 2017

妄語決定不能有,於自己沒有絲毫利益,只有壞處,沒有好處,何必要幹這個事情?妄語只有在護生可以,佛經上有。比丘乞食,在路上遇到打獵的人,獵人正在追一個兔子,走到岔路上,看不見了,就問這個出家托缽的人,有沒有看到兔子從哪裡跑了?他打妄語,他說從那方向跑了,其實從這邊跑的。這個妄語,這妄語救了兔子命,也讓獵人不造業,這叫方便妄語,利益眾生,不是為利益自己。自己甘心接受妄言的過,我救了兩個人,獵人也救了,眾生也救了。這在戒經裡有開緣,這叫開戒,這不叫破戒。戒律條條都有開緣,活活潑潑,沒有死板的。所以章嘉大師說,「佛教重實質不重形式」,我們要懂得這個道理,才能真正得到修行的真實利益。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四一七集)  2017/1/13