Jumat, 09 Juni 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Juni 2017 (Bgn 1)


Guru Sesepuh menjelaskannya dengan bagus di sini. Andaikata kita sudah paham, maka hendaknya menemukan jiwa sejati diri. Bagaimana cara menemukannya? Melepaskan sebersit niat pikiran maka pencerahan tercapai.

Patut diketahui bahwa di dalam jiwa sejati tidak ada niat pikiran. Kita sekarang sudah memeliharanya jadi kebiasaan, begitu niat pikiran yang di depan musnah, sambung lagi niat pikiran kedua di belakangnya, saling sambung menyambung tiada putus-putusnya.   

Sejak kalpa tanpa awal, sejak jiwa sejati kita tersesat, kita tidak pernah meninggalkan niat pikiran yang bermunculan tak terputus tersebut, tak peduli kita berada di Dasa Dharmadhatu atau di lingkaran enam alam tumimbal lahir, penderitaan ini sungguh sulit diungkapkan dengan kata-kata.   

Setelah melepaskan secara tuntas, barulah menemukan kembali jiwa sejati, sebersit niat pikiran pun takkan muncul, maka menemukan kembali jiwa sejati. Maka itu jiwa sejati sesungguhnya telah sempurna akan sila, samadhi dan prajna, ketiga hal ini bukanlah diperoleh dari luar.

Prajna (kebijaksanaan) bukanlah diperoleh dari luar, samadhi juga bukan diperoleh dari luar, seluruh sila yang ditetapkan oleh Buddha Sakyamuni juga bukan diperoleh dari luar, semua ini sudah sempurna dalam jiwa sejati.

Jadi apakah mengamalkan sila itu sulit? Tidak sulit. Hari ini kita merasa menjalankan sila itu amat sulit, mengapa demikian? Oleh karena sejak dulu sudah memelihara kebiasaan buruk, sehingga kebiasaan buruk ini sudah jadi alamiah, untuk mengubahnya terasa sulit sekali, karena kita tidak sudi melepaskan kemelekatan padanya.  

Semakin tidak sanggup dilepaskan semakin berambisi untuk melepaskannya, semakin berambisi melepaskannya semakin tidak sanggup melepaskannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Juni 2017
 

祖師這個地方說得好。道理要是明白了,那就要把本覺找回來。怎麼找?放下一念就大徹大悟。一定要知道自性裡頭沒有念頭。我們現在養成了習慣,前念滅後念生,一個接著一個,它不斷,叫相續相。這個相是錯誤的。我們無始劫以來,迷失自性之後,就沒有離開這個相續相,無論是在十法界,還是在六道輪迴,苦不堪言。真正放下了,回歸自性,一念不生就回歸自性了。回歸自性,跟著現前的是什麼?是戒,是定,就是戒定慧三學,自性本自具足,不是外來的。智慧不是外來的,禪定也不是外來的,佛所制定的一切戒律也不是外來的,全是自性裡頭本來就有的。所以它難不難?不難。我們今天感覺到很難,持戒很難,是什麼?養成不良的習慣,所謂習慣成自然,感覺到很難,放不下。愈是放不下還愈想放下,愈想放下還愈放不下。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四五四集)  2017/6/3





 

Seperti kita sekarang ini, pertanyaan begitu banyak, lantas bagaimana? Buddha Sakyamuni membabarkan begitu banyak sutra, kita memilih salah satu judul yang cocok buat diri sendiri, yang sesuai dengan kemampuan diriku. Kemudian mengamalkan sesuai dengan apa yang diajarkan Sang Buddha, inilah yang disebut sebagai melatih diri.

Apa yang harus dilatih? Yakni sila, samadhi dan prajna. Dengan mengamalkan sila barulah mencapai samadhi, dengan tercapainya samadhi barulah prajna (kebijaksanaan) berkembang.

Faedah sila itu sangat besar! Kalau bukan memulainya dari melatih sila, andaikata kita  hanya belajar teori tanpa mengamalkannya, cuma pintar omong, segala ucapannya terdengar sungguh beralasan dan masuk akal, tapi satupun tidak bisa dilaksanakannya, berbakti pada ayahbunda termasuk sila, menghormati guru termasuk sila, tapi tidak sanggup diamalkannya. Makanya tidak memperoleh manfaat yang sesungguhnya dari Buddha Dharma.

Kalau benar-benar sudah mengamalkannya, barulah manfaat Buddha Dharma itu dapat diperoleh, meskipun tidak mencapai pencerahan, tetapi bisa membantumu terlahir di Alam Dewa (Surga).

Mengamalkan sila juga dapat menimbun kebajikan, meskipun belum berhasil keluar dari enam alam tumimbal lahir, namun karma baik tersebut berbuah dengan kelahiran di Alam Surga.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Juni 2017


像我們現在一樣,疑問很多,怎麼辦?佛說這麼多經典,我們在這個裡頭精挑細選,選跟我有緣的,契我這一類根機的。這是佛法在六道眾生這個層次宣揚。依照佛所說的方法去做,那叫修行。修行修什麼?修戒、修定,因戒得定,因定開慧。戒的作用大!如果我們不從戒下手,只從經教,解門,有解無行,很會說,說得頭頭是道,一條也沒做到,孝養父母屬於戒,尊敬師長也屬於戒,沒有做到,佛法的利益沒得到。要是真正做到,佛法的利益就得到了,縱然沒有開悟,它能幫助你生天。戒是善,沒有惡,斷惡修善,雖然出不了六道輪迴。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四五四集)  2017/6/3


 

 

Sejarah Tiongkok itu sangat lengkap, bermula dari Sima Qian (145-86 SM) yang menuangkan tulisannya ke dalam karya sejarah yang berjudul “Shiji”. Setelah masa Dinasti Qin dan Han, pihak kekaisaran semakin menitikberatkan pada penulisan sejarah, bahkan memilih orang-orang berbakat yang khusus ditugaskan untuk menulis catatan sejarah, satu dinasti ke dinasti selanjutnya, turun temurun.

Hari ini kita menyebut “Buku Sejarah Han”, yang ditulis oleh Sejarawan Akhir Dinasti Han, “Sejarah Tiga Negara” yang mengisahkan tentang Kerajaan Wei, Shu dan Wu, lalu Dinasti Tang juga memiliki “Buku Sejarah Tang”, demikian pula Dinasti Song memiliki “Buku Sejarah Song”, sampai hari ini sejarah Dinasti Qing (dinasti terakhir Tiongkok), juga telah ditulis keluar.

Sejarah sebuah dinasti ditulis oleh siapa? Yakni dinasti yang berikutnya, dengan demikian barulah tidak ada yang dikhawatirkan oleh si penulis, jadi bukan ditulis pada periode yang sama. Umpamanya “Buku Sejarah Han”  ditulis menjelang pergantian dinasti baru, jadi tidak ada lagi kekhawatiran si penulis untuk menuliskan kebenaran yang ada.

Apa yang dicatat di dalam buku sejarah adalah fakta, dari sini kita dapat melihat bahwa jaman dulu, masih banyak terdapat periode kehidupan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur, sementara periode kekacauan itu sedikit, ini adalah fakta.

Bagaimana cara kekaisaran jaman dulu menciptakan masyarakat yang sejahtera? Yakni melalui pendidikan etika moral. Siapa yang wajib menjadi pendidik? Yakni setiap keluarga harus memikul kewajiban mendidik anak-anaknya. Sedangkan negara hanya menyediakan fasilitas ujian seleksi untuk menyaring orang-orang berbakat. Selama lima ribu tahun metode ini digunakan tak terputus.

Maka itu kami yakin Sejarah Tiongkok dapat disebut sebagai sejarah yang akurat, yang dapat diandalkan sepenuhnya, jadi bukan ditulis dengan sembarangan, Sejarawan yang menulis sejarah itu mengutamakan kebenaran yang ada, takkan berat sebelah, yang patut menuai pujian baik dari lawan maupun kawan.

Sepanjang sejarah, berapa banyak orang berbakat yang menyumbangkan kemampuannya guna memberi manfaat bagi orang banyak, menimbun jasa kebajikan berkesinambungan; mereka yang tidak berambisi memangku jabatan, bersumbangsih dengan menjadi tenaga pendidik, menuangkan buah pemikirannya ke dalam karya tulis, mewariskannya pada generasi berikutnya. Inilah budaya tradisional Tiongkok, selama lima ribu tahun berkesinambungan tak terputus.  

Seratus tahun belakangan ini, orang-orang malang ini malah telah mengabaikan pendidikan tradisionil, yang tidak sanggup menghubungkan diri dengan pendidikan sejarah yang telah berlangsung selama lima ribu tahun ini, apa alasannya? Ketika Bangsa Tiongkok membuka diri terhadap bangsa barat, budaya bule pun masuk dan berbaur ke dalam negeri tirai bambu, orang-orang barat bangga dengan penemuan ilmu dan teknologi, orang Tiongkok pun berbondong-bondong mengejar perkembangan ilmu dan teknologi, berangkat ke negeri bule dan belajar pada mereka.

Setelah pulang ke kampung halamannya, orang-orang bermata sipit yang meniru gaya kebarat-baratan ini, mengatakan bahwa “negeri panda” kurang kuat karena ketinggalan dalam bidang ilmu dan teknologi, maka itu menggencarkan budaya barat di negerinya sendiri, rekan-rekan sebangsa dan setanah airnya diusulkan untuk belajar pada bangsa bule, sementara budaya timur kepunyaan sendiri malah tidak dihendaki lagi, menganggapnya tidak bernilai, sehingga menciptakan keadaan seperti hari ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Juni 2017


中國的歷史很完整,從司馬遷將古代的傳說用文字寫出來留傳給後世,《史記》屬於通史。秦漢以後,國家對這個很重視,設有專門的人才,來負責任寫歷史,斷代史,一個朝代一個朝代,我們今天講的《漢書》,漢朝的,《三國志》,漢朝末年魏蜀吳三國,唐代有《唐書》,宋代有《宋史》,一直到今天,《清史》寫出來了。史是什麼人寫的?下一個朝代,他沒有顧忌了,不是在同一個時代,同一個時代有很多忌諱,不能寫的,下個朝代這才公正。史書裡頭所記載的事實真相,在這個裡面我們看到,每個朝代太平盛世的時間多,動亂的時間少,這是事實。盛世是正常的,用什麼方法?教育。誰來教?家庭肩負起教育。國家只是用考試的方法選拔人才,為國家、為社會、為大眾服務。五千年沒有間斷。所以我們相信,中國歷史稱為信史,確確實實可以相信,不是隨便說的,寫歷史的人大公中正,沒有偏私,該讚歎的,不喜歡的人也要讚歎,所謂的褒貶,真實智慧。多少人在世的時候,施展他的才華為眾生服務,積功累德;不在位的人,多半從事於教學,著書立說,留傳給後代。這是中國傳統文化,五千年沒中斷。

近代人這一百年,距離我們一百年,當時這些人把教育疏忽了,跟五千年歷史沒有接上頭,什麼原因?中國跟西方人發生關係了,中國在亞洲,在東面,歐洲在西面,西洋人走向科學技術,發明機器,中國跟西方往來了,到西方求學的人多了,回到中國,說中國不夠強是因為沒有科技,主張全盤西化,統統要向西方學習,自己東西完全拋棄不要了,認為那沒有價值,造成今天的現象。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四五四集)  2017/6/3