Jumat, 20 Oktober 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Oktober 2017 (Bgn 2)


Mari kita lihat Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas buah pena Upasaka Huang Nian-zu, “Kelak seluruh sutra akan lenyap, Master Shandao berkata : Sepuluh ribu tahun mendatang ketika manusia tidak percaya lagi pada Triratna, sutra ini masih akan bertahan di dunia selama seratus tahun”.

Master Shandao hidup pada masa Dinasti Tang, merupakan Guru Sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-2. Saat berusia senja, beliau melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Master Shandao memberitahukan pada kita bahwa selama 10 ribu tahun, Buddha Dharma memasuki jaman berakhirnya Dharma, sampai pada penghujung kurun waktu 10 ribu tahun, tidak ada yang percaya lagi pada Triratna, Triratna adalah Buddha, Dharma dan Sangha, ketika semua sutra lenyap, satu-satunya yang masih tetap bertahan adalah “Sutra Usia Tanpa Batas” selama seratus tahun, seratus tahun kemudian sutra ini juga lenyap dari peredaran, tinggallah sepatah “Namo Amituofo”, kira-kira juga akan bertahan selama seratus tahun saja.

Lalu seratus tahun kemudian, tidak ada lagi orang yang mau melafal Amituofo, dunia ini beserta seluruh isinya, bagaimana jadinya nanti, kita pasti sudah bisa membayangkannya.     

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Oktober 2017

我們看念老註解,「當來經滅者,善導大師云:萬年三寶滅,此經住百年」。善導大師這兩句話說得好,唐朝時候人,我們淨土宗第二代的祖師,第一代慧遠大師,第二代就是善導,晚年念佛求生淨土,真的往生了。他老人家對於這一段的經文,告訴我們,佛法一萬年是末法,三寶滅了,佛法滅了,三寶是佛法僧,這個地球上沒有了,但是《無量壽經》還在。再一百年之後,《無量壽經》也沒有了,還有一句南無阿彌陀佛,大概也是住百年。再一百年之後,這句阿彌陀佛聽不到了,沒有人念了,這個世界一切狀況,我們可想而知。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八七集)  2017/10/10

  


 

Diantara bencana besar ada pula yang disebut sebagai “Kalpa Peperangan”. Sepertinya belakangan ini kita mendengar sosok teroris, yang membunuh tanpa alasan, kapan saja dan dimana saja, caranya juga sangat sadis. Bayangkan, sekarang saja sudah ada gejala “Kalpa Peperangan”, apalagi kelak ketika periode tersebut tiba, sesama manusia saat berpapasan, langsung mencabut senjata tajam dan saling menghabisi, lihat siapa yang lebih cepat mencabut pedangnya. Mereka tidak saling kenal, tanpa alasan yang jelas saling membunuh.    

Perkembangan senjata kian muktahir, tidak usah bilang hari nanti, sekarang saja sudah terasa bagaimana mencekamnya “Kalpa Peperangan” tersebut, dengan perkataan lain, manusia hidup di masa kini, sama sekali tak punya rasa aman, ini adalah fakta.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Oktober 2017

這是劫,這個事情麻煩,這是大的災難,刀兵。好像最近我們聽說,這個世界上有恐怖分子,不知道在什麼時候,不知道在什麼處所,無故的殺人,手段很殘酷。現在開始有了,到那個時候,人與人見面,大概都是拔槍,看誰拔得快。互相無緣無故,彼此不相往來,不認識。武器的發展愈來愈精密。不要說往後,現在我們已經感受到這種恐怖,換句話說,現在人活在世間,沒有安全感,這是真的,不是假的。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八七集)  2017/10/10



 

Master Wangxi mengatakan bahwa Master Shandao merupakan jelmaan dari Buddha Amitabha, sedangkan Master Ci’en adalah jelmaan dari Bodhisattva Avalokitesvara. Ucapan ini sungguh penting, dapat membantu kita menyelesaikan masalah ini.

Master Shandao merupakan jelmaan Buddha Amitabha, rekam jejak Buddha Amitabha, orang Jepang sangat meyakini hal ini. Pada masa Dinasti Tang, banyak orang Jepang yang menuntut ilmu ke Tiongkok, anggota Sangha mengikuti Master Shandao. Mereka sangat menjunjung Master Shandao, di Jepang kita dapat melihat di mana-mana berdiri vihara yang memuja Master Shandao, di dalam vihara dipuja rupang Master Shandao. Sedangkan di Tiongkok jarang dijumpai.

Master Ci’en, jelmaan Bodhisattva Avalokitesvara, Master Ci’en adalah Master Kuiji dari Aliran Yogacara, murid Master Hsuan-tsang. Maka itu penjelasan sutra yang ditulis oleh Guru Sesepuh hendaknya dijadikan pedoman kita. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Oktober 2017

望西大師判曰:「(善導)大師彌陀垂迹,慈恩觀音化現,所解不輕,以為依憑」。這句話重要,可以幫助我們解決這個問題。善導大師,阿彌陀佛再來的,彌陀垂跡,日本人很相信。唐朝那個時候,日本許多留學生到中國來留學,出家人,跟善導大師。他們對善導大師非常崇拜,到日本到處你都看到寺廟有善導寺,善導寺裡頭確確實實供養善導大師的像,雕像、塑像。在中國很少看到,在日本很普遍看到。慈恩,觀世音菩薩化身的,慈恩是法相唯識宗的窺基大師,玄奘大師的弟子,觀音菩薩化身。他們的註解我們要重視,做為我們的依靠。據望西大師的意思,「釋此經文,應按善導大師之教,此說甚是」。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八七集)  2017/10/10




 

Pada masa berakhirnya Dharma, satu persatu sutra Buddha akan lenyap dari peredaran, sutra pertama yang akan lenyap adalah “Surangama Sutra”, sedangkan sutra yang terakhir lenyap adalah “Amitabha Sutra” dan “Sutra Usia Tanpa Batas”. Mengapa demikian?  

Di sini diuraikan dengan jelas, ini dikarenakan oleh buah akibat karma para makhluk. Periode berlangsungnya Dharma dibagi atas tiga yakni Periode Dharma Sejati (Saddharma), Periode Dharma Mirip (Saddharma-pratirupaka) dan Jaman Berakhirnya Dharma (Saddharma-vipralopa atau kaliyuga).

Pada periode berlangsungnya Dharma Sejati dan Dharma Mirip, para makhluk masih dapat menaati Ajaran Buddha, tidak berani menciptakan karma buruk, akar kebijaksanaan masih tajam, dapat menerima dan mengamalkan Buddha Dharma Mahayana, beragam sutra yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni.

Sampai pada Jaman Berakhirnya Dharma, generasi demi generasi kian merosot. Sekarang telah memasuki “seribu tahun kedua” dari Jaman Berakhirnya Dharma, kita hidup pada era begini, bagaimana keadaan dari perkembangan Buddha Dharma, dalam hati kita sudah cukup jelas dan sangat mengerti.      

Namun seperti yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamni bahwa kita sebagai Praktisi Pelafal Amituofo, pada masa-masa kelahiran lampau pernah memberi persembahan kepada para Buddha yang tak terhingga, sekarang bersua dengan Pintu Dharma ini, memperoleh pemberkatan dari kekuatan Buddha, sehingga mampu membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, berniat terlahir ke Alam Sukhavati, setiap praktisi juga dapat terlahir di sana. 

Ucapan ini sangat penting sekali, semoga kita mengingatnya. Dharma Sukhavati bukan gampang bisa bersua dengannya, hari ini di Planet Bumi yang dihuni lebih dari 7 miliar jiwa, yang sepanjang hayatnya berjumpa dengan Sutra Usia Tanpa Batas, yang pernah mendengar sebait saja, sungguh langka dan sulit ditemukan. Kita harus menghargainya, pasti takkan melewatinya begitu saja.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Oktober 2017
 
法為什麼有先滅有後滅?一般人都知道,佛經當中說法滅,《楞嚴經》第一部,《阿彌陀經》、《無量壽經》是最後。為什麼?這一段都給我們講清楚、講明白了,眾生的業報。正法、像法,眾生都能夠遵循佛的教誨,不敢造惡業,根性利,能夠受持大乘佛法,佛說了許多經論。到像法、到末法,一代不如一代。現在是末法一千年過去了,末法第二個一千年,我們生在這個時代,佛法是什麼情形,我們心裡很清楚、很明白。但是像世尊所說的,我們依然是過去生中,曾經供養無量諸佛,遇到這個法門,得佛力加持,能信能願,肯發願念佛求生淨土,個個都能往生。這句話重要,希望我們記住。法不是那麼容易遇到的,今天地球上七十多億人,一生見到這部經的,聽到講當中一段的,非常稀有難逢。我們要珍惜,決定不能空過。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八七集)  2017/10/10