Jumat, 29 Desember 2017

Pendidikan Hukum Karma 05



Pendidikan Hukum Karma Menyelamatkan Hati Manusia
Bagian 5

3. Benih sebab kecil, buah akibat besar : benih sebab yang kecil dapat menciptakan buah akibat yang sangat besar. Ini ibarat dengan sebutir biji semangka yang kecil ditanam ke dalam tanah, kelak akan menghasilkan buah semangka yang sangat banyak, di dalam buah semangka terdapat pula biji-biji semangka. Karena itu apa yang dikatakan sebagai “Mengikhlaskan satu memperoleh balasan puluhan ribu”, sungguh nyata adanya.

Mengenai poin ini, di dalam sutra Buddha tercantum sebuah kisah untuk menjelaskannya. Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, ada seorang Brahmana, di rumahnya ada seorang pelayan wanita tua, suatu hari pelayan tua ini hendak membuang makanan yang sudah basi, kemudian berjalan ke luar rumah.

Sampai di luar rumah, dia melihat penampilan Sang Buddha yang penuh wibawa, seketika itu juga timbul perasaan hormat dari lubuk hatinya. Dia sangat ingin memberi persembahan kepada Sang Buddha, namun di tangannya cuma ada makanan basi yang hendak dibuang, mana boleh dipersembahkan kepada Sang Buddha yang penuh kemuliaan?

Saat dia kebingungan tidak tahu harus bagaimana, Buddha Sakyamuni tersenyum memancarkan cahaya cemerlang, dengan penuh sukacita menggunakan patraNya menadah makanan basi yang ada di tangan pelayan tua itu, lalu berpaling dan berkata pada Y.A.Ananda : “Nyonya tua ini membangkitkan ketulusan hati sepenuhnya. Oleh karena jasa kebajikan dari ketulusannya memberi persembahan kepada Buddha, kelak selama kurun waktu 15 kalpa lamanya, dia terlahir di Alam Surga menikmati kesenangan. 15 kalpa kemudian dia akan terlahir di Alam Manusia, memiliki jalinan jodoh untuk meninggalkan keduniawian dan melatih diri”.

Saat itu majikan pelayan tua yakni Brahmana kebetulan keluar dari rumahnya, mendengar ucapan Buddha Sakyamuni, merasa sungguh tak terbayangkan!

Sang Buddha bertanya pada Brahmana ini : “Apakah anda pernah bertemu dengan peristiwa yang tak terbayangkan?”

Brahmana menjawab : “Ada, yakni suatu kali rombongan kami yang terdiri dari 500 kereta kuda hendak pergi bertamasya, oleh karena cuaca waktu itu panas dan gerah, sehingga berhenti dan berteduh di bawah sebatang pohon yang besar. Pohon ini dapat menutupi 500 kereta kuda, bahkan masih ada sisa tempat teduh lainnya. Batang pohon besarnya sungguh tak terbayangkan!”

        Buddha Sakyamuni bertanya lagi : “Tahukah anda berapa besar bibit pohon besar tersebut?”

Brahmana menjawab : “Serupa dengan biji Sesawi sedemikian kecilnya”.

Sang Buddha berkata : “Betul! Inilah kebenaran bahwa benih sebab kecil menghasilkan buah akibat yang besar”.

Nyonya tua itu memberi persembahan kepada Sang Buddha, walaupun benih sebabnya sangat kecil, namun buah akibat yang diperoleh malah sedemikian besarnya!


Dipetik dari Ceramah Master Chin Kung
Tanggal : 1 April 2016
Bertempat di :  Hong Kong Airport AsiaWorld-Expo
Kode Artikel : 32-137-0001


因果教育挽救人心
()

三、因小果大:小小的因可以造成很大的果。這就好像一顆小小的西瓜種子埋在土裡,將來能夠長出很多大西瓜,大西瓜裡面又有許多的西瓜種子一樣。因此,所謂「捨一得萬報」是真實的。
關於這點,佛經上有一個故事可以說明。佛陀在世的時候,有一位婆羅門長者的老傭人,從屋裡端出一些已經餿掉的食物,準備倒掉。她出門,她一眼看到佛陀威儀莊嚴的形象,油然而生起恭敬心。她很想供養佛陀,但是手上只有餿掉的食物,怎麼能拿來供養尊貴的佛陀?正當她猶豫不決的時候,佛陀微笑放光,歡喜的用缽盛過老婦人手上的餿食,然後轉頭告訴阿難:「這位老婦人一心虔誠。因為她虔誠供佛的功德,往後她將有十五劫這麼長久的時間在天堂裡面享受快樂。十五劫之後下生人間,具備出家修行的因緣。」這時老婦人的主人婆羅門長者正好從屋裡走出來,聽到佛所說的話,覺得非常不可思議!
佛就問這位婆羅門長者:「你可曾見過其他不可思議的事?」
長者回答:「有啊,有一次我們有五百輛馬車結伴出遊,由於天氣悶熱,便找到一棵大樹下乘涼。這棵大樹可以遮蔽五百輛馬車,還有多餘的樹蔭。樹木之大真是不可思議呀!」
佛接著問:「你可知道這棵大樹的種子有多大嗎?」
長者答:「像芥菜子那麼小。」
佛說:「這就對了!這就是因小果大的道理。」
老婦人布施佛的因雖然很小,卻能得到那麼大的果報!

文摘恭錄 :
因果教育挽救人心—二O一六年清明祭祖法會談話  (共一集)  2016/4/1  香港機場亞洲博覽館  檔名:32-137-0001