Senin, 01 Mei 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 April 2017


Berdana mengajarkan kita untuk melepaskan kemelekatan, menjauhi segala bentuk keserakahan, ketiga jenis dana yakni Amisa Dana, Dharma Dana dan Abhaya Dana, mesti diamalkan dengan serius, barulah efektif.

Amisa Dana atau dana materi membuahkan kekayaan, Dharma Dana membuahkan kecerdasan dan kebijaksanaan, Abhaya Dana atau menghilangkan ketakutan di hati para makhluk membuahkan kesehatan dan usia panjang, umumnya kita melatih diri adalah untuk hal yang satu ini.

Mengapa kita harus melatih berdana? Yakni demi kekayaan, kecerdasan, kesehatan dan usia panjang, namun tujuan ini bukanlah merupakan landasan dari segala jasa kebajikan, oleh karena ini merupakan Dharma Duniawi.

Lantas bagaimana dengan Buddha Dharma? Menurut Buddha Dharma, berdana itu ditujukan untuk menaklukkan nafsu keserakahan, terhadap segala Dharma Duniawi maupun Dharma Non Duniawi, juga takkan ada perasaan mendambakan, takkan ada niat menguasai dan memiliki, inilah yang disebut sebagai berdana; ini nyata adanya, merupakan landasan dari segala jasa kebajikan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 April 2017


是布施,教我們放下,離開一切貪染,財布施、法布施、無畏布施要真幹,才有效果。財布施得財富,法布施得聰明智慧,無畏布施得健康長壽,我們一般人修行,大概就是為了這個。為什麼修布施?財富、聰明智慧、健康長壽為這個,為這個不能叫一切功德之本,這是世法。

那佛法呢?佛法比這個高,佛法布施,布施是對貪欲說的,於世出世間一切法沒有貪戀、沒有佔有這些念頭,這叫布施;那真的,是一切功德之本。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四三三集)  2017/4/25