Jumat, 02 Juni 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Mei 2017


Tingkatan kesucian pertama dari Aliran Theravada adalah Sotapanna, dari 6 jenis kemampuan gaib, Sotapanna memiliki 2 jenis yakni Mata Dewa dan Telinga Dewa. Mata Dewa dapat melihat tembus pandang, dari ruangan kita ini ke ruangan luar sana dibatasi oleh tembok, sehingga kita tidak dapat melihat apa yang terjadi di luar sana, tetapi dengan Mata Dewa kita bisa melihat dengan bebas tanpa rintangan. Telinga Dewa mampu mendengar suara yang sehalus apapun, suara yang sejauh apapun, dia mampu mendengarnya dengan jelas.  

Tingkatan kesucian kedua adalah Sakadagami, kemampuan gaibnya bertambah 2 jenis lagi, yakni kemampuan membaca isi pikiran orang lain dan kemampuan mengetahui masa kehidupan lampau. Bagaimana yang dimaksud dengan kemampuan membaca isi pikiran? Ketika orang itu timbul niat pikiran, kita bisa tahu, apa niat pikirannya, kita juga tahu, tidak ada yang bisa mengelabui diri kita.

Kemampuan mengetahui masa kehidupan lampau. Arahat mampu mengetahui 500 masa kehidupan lampau, sedangkan kita tidak tahu, bahkan cuma 1 masa kehidupan lampau saja kita tidak tahu. Hal ini harus dipercaya, ini adalah nyata dan tidak semu. 

Kemampuan gaib juga merupakan kemampuan yang sejak semula sudah kita miliki. Master Huineng mengatakan bahwa sejak semula jiwa sejati kita telah sempurna, sempurna akan kebijaksanaan, sempurna akan kemampuan gaib, sempurna akan kebajikan, tidak ada satupun yang tidak sanggup anda lakukan.

Tingkat kesucian ketiga adalah Anagami, kemampuan gaib yang bertambah adalah kemampuan gaib sempurna, yakni kemampuan untuk terbang. Hari ini kita masih harus menumpang pesawat terbang selama belasan jam untuk menempuh perjalanan dari Inggeris ke Hongkong, sedangkan dengan kemampuan gaib sempurna, hanya dalam sekejab pikiran sudah bisa sampai di tempat tujuan. Anda sekarang berada di Inggeris ingin ke Hongkong, begitu niat pikiran timbul langsung sampai ke tujuan.

Selain itu juga dapat menjelma. Di dalam Mitos “Perjalanan ke Barat”, Sun Go Kong bisa berubah dalam 72 wujud, ini cuma kemampuan gaib kecil-kecilan, masih belum bisa masuk hitungan. Anagami juga bisa terbang dan menjelma, kemampuan yang dimilikinya sungguh besar sekali, dibandingkan dengan Sun Go Kong, Anagami sudah jauh melampauinya, tak bisa dibandingkan.

Tingkatan kesucian keempat atau yang tertinggi adalah Arahat, Arahat telah melampaui enam alam tumimbal lahir, selamanya telah melampaui, terkecuali bila Arahat ingin berada di enam alam tumimbal lahir demi menyelamatkan para makhluk. Di dalam enam alam tumimbal lahir masih ada sejumlah orang yang berjodoh denganNya, yang masih mengalami penderitaan, maka Arahat akan datang menyelamatkannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Mei 2017


小乘初果須陀洹,六種神通兩種出現,天眼、天耳。天眼可以透視,我們這個房間,外面這是有牆壁遮隔,我們見不到,天眼能見,沒有障礙。天耳能聽,再小的聲音,再遠的聲音,他聽得很清楚。

如果再升一級,須陀洹初果,再升一級,二果,又多兩個神通,他心、宿命。他心是什麼?別人起心動念你知道,動個什麼念頭你曉得,瞞不過你。宿命,知道過去世。阿羅漢知道過去五百世,我們不知道,我們過去一世也不知道。這個要相信,這是真的不是假的。神通也是我們的本能,惠能大師說自性本自具足,具足智慧、具足神通、具足德能,沒有一樣你不會。

三果阿那含,再提升一級,就神足通。神足通,飛行快速。我們今天坐飛機,從英國到香港要十幾個小時,神足通一念就到了,你想到香港,這個念頭起來人就到了。變化,《西遊記》孫悟空七十二變,小神通,微不足道。三果阿那含他的飛行、變化太大了,比孫悟空高明多了,不能比。

四果阿羅漢,阿羅漢超越六道輪迴,永遠超越,除非他願意到六道裡面來度眾生。六道裡頭還有一些有緣的人,還在這個裡面受苦,他會來度他。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四四六集)  2017/5/25