Minggu, 08 Oktober 2017

Petikan Ceramah Mei 1995


Pintu Dharma Pelafalan Amituofo disebut sebagai metode yang mudah dilaksanakan, tetapi juga bukan segampang yang anda bayangkan! Bila dibandingkan dengan seluruh pintu Dharma lainnya, maka Pintu Dharma Pelafalan Amituofo merupakan metode yang paling mudah, tetapi juga jangan dipandang terlampau enteng, apabila anda menganggap terlampau enteng, maka dalam satu masa kehidupan ini anda takkan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati. Hanya saja bila dibandingkan dengan pintu Dharma lainnya, maka melafal Amituofo merupakan metode yang paling mudah.

Sesungguhnya juga perlu melepaskan segala kemelekatan baik secara lahiriah maupun batiniah, barulah anda melafal Amituofo dapat terjalin dengan Buddha Amitabha. Apabila masih ada jalinan jodoh duniawi yang masih belum sanggup dilepaskan, masih ditaruh di dalam hati, maka melafal Amituofo takkan efektif, mesti melepaskan kemelekatan, mesti tak terbelenggu oleh segala kemelekatan, barulah kita memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati.     

Hal begini dikatakan gampang tidaklah gampang, dibilang tidak sulit juga sulit, kenapa dikatakan sulit, tidak sulit? Di dunia ini hanya ada satu hal yang benar-benar susah, bahkan Buddha Sakyamuni juga bilang sulit, “Memohon pada orang lain itu susah!”, sungguh sulit adanya.

Sedangkan metode melafal Amituofo merupakan metode yang tidak membutuhkan bantuan orang lain, namun mengandalkan diri sendiri! Asalkan diri sendiri mau melafal Amituofo maka takkan sulit, sebaliknya bila diri sendiri tidak mau berusaha maka tentunya susah, urusan begini juga tidak bisa mengandalkan orang lain.
 
Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung bertajuk “Laporan Belajar Sutra Intan” serial ke-53
Bulan Mei 1995 bertempat di Jushilin, Singapura.
Kode artikel : 09-23-053



念佛法門叫易行道,也不是你想像那麼容易!所有法門裡面比較起來它最容易,你不要太看容易了,太看容易了,這一生去不了。跟其他法門比較,它是最容易。實實在在講,也要身心世界一切放下,你這個念才相應。還有世緣放不下,還要擺在心裡,那個念佛沒用處的,一定要放下,一定要一無所住,我們往生真有把握。

這個事情說難不難,說不難很難,為什麼說難、不難?世間之事只有一樁事真的難,佛也講難,「求人難!」那是真難,不是假難。這個事情不求人,求自己!自己肯就不難,自己不肯那就難,這不是求人的事情。(節錄自《金剛般若研習報告》第53集)