Senin, 09 Januari 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Januari 2017


Mari kita simak kalimat berikut ini adalah “Para musuh kerabat penagih hutang dari masa lampau saling mengikuti, setiap kelahiran selalu berada bersama, memperhitungkan hutang piutang serta permusuhan kehidupan lampau, satu persatu diselesaikan dengan jelas”.

Ini merupakan saling mendendam dan saling membalas, tiada usainya. Kita lahir ke dunia ini, berjodoh dengan ayahbunda, abang, kakak dan adik, handai taulan dan sahabat, sepanjang hidup ini bisa saling berkumpul bersama, disebut sebagai karma kolektif.

Saling membalas, balasan ini merupakan akibat karma yang dilakukan pada masa kelahiran lampau. Ada sesama saudara yang hidup dengan akur, abang, kakak dan adik mempunyai ikatan persaudaraan yang erat, saling bantu membantu, saling dukung mendukung, ini merupakan penyelesaian hutang piutang yang berasal dari masa kelahiran lampau, saling membalas dan saling melunasi satu sama lainnya.

Ada pula hubungan abang, kakak dan adik yang seperti orang asing adanya, setelah berpisah sepanjang hidup tidak pernah bersua lagi, atau yang pindah ke negara lain dan tidak pulang lagi, tidak menaruh perhatian pada urusan rumah, ini dikarenakan jodoh yang begitu tipis, tidak ada jalinan jodoh, tetapi dia justru memiliki jodoh dengan kelompok orang lain, saling membalas dan saling melunasi.      

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Januari 2017

底下這兩句,『相從共生,更相報償』,這就是冤冤相報,沒完沒了。「相從共生」,我們這一生投胎來了,跟父母有緣,兄弟姐妹有緣,親戚朋友有緣,這一生能夠在一起相聚,這叫共業,果叫做共生。互相在報償,報是過去造的業應該受這個報,償是酬償。有人兄弟姐妹很好,可以互相幫助,那都是過去生中欠債的,彼此報償。有些兄弟姐妹就像陌生人一樣,離開之後一生不再見面,或者是到他方異國不回來了,家裡不管,這是緣很薄,沒有這個緣分,他跟另一類的人有共業,有報償。報是報應,是回報。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四一二集)  2017/1/2




 
 
Di dalam masyarakat sekarang ini, setiap hari ketika kita membuka lembaran surat kabar, hampir setiap hari diberitakan tanpa alasan dan sebab yang jelas, juga tidak ada dendam apa-apa, tapi dibunuh begitu saja, mengapa demikian? Ini dikarenakan pada masa kehidupan lampau anda membunuhnya dan pada masa kelahiran sekarang bersua, dia balas membunuhmu, begitu dia melihatmu timbul kebencian di hatinya, walaupun tidak pernah saling mengenal, juga tidak pernah bercakap, tetapi begitu dia melihatmu sudah tidak nyaman, tidak suka dan benci padamu, dia ingin mencabut nyawamu.

Andaikata pada masa kelahiran lampau menjalin jodoh baik, begitu bertatap muka langsung timbul perasaan sukacita; sebaliknya bila menjalin jodoh buruk, maka begitu melihatmu langsung tidak suka. Siapa yang mengetahuinya? Buddha dan Bodhisattva mengetahuinya.

Buddha dan Bodhisattva membabarkan pada kita fakta ini, agar kita secara perlahan-lahan dapat  menyadarinya. Setelah mendengar ceramah ini hendaknya mengukirnya di lubuk hati, dalam kehidupan keseharian cobalah amati, bagaimana saya memperlakukan orang lain, bagaimana pula sikap orang lain padaku, bagaimana hubungan antar manusia, bagaimana mereka saling membalas dan saling melunasi, semua panorama ini dapat dilihat dengan jelas.    

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Januari 2017

這底下說得好,「表冤冤相報,無有窮盡。《會疏》曰:殺生等人,生生同出,彼此互害,報其怨恨也」。這在今天我們的社會,每天新聞裡頭所報導的,看到了。無緣無故,沒有冤仇,怎麼會無緣無故被殺?過去生中有業,過去生中你殺他,現在遇到了,他殺你,他見到你就討厭,雖然不相識,沒說過話,他看到你就不順眼,他就討厭,他就要殺你。所以有些人善緣,一見面就歡喜,過去生中在一起結的善緣;如果結的惡緣,看到你就討厭。誰知道?佛菩薩知道。佛菩薩把這些事實真相告訴我們,讓我們慢慢去體會。這些經聽了之後記在心上,在日常生活當中你去觀察,我怎麼對人,人怎麼對我,人與人之間如何報償,都看見了。殺生等人,生生同出,彼此互害,報其怨恨也。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四一二集)  2017/1/2