Kamis, 28 Desember 2017

Pendidikan Hukum Karma 03



Pendidikan Hukum Karma Menyelamatkan Hati Manusia
Bagian 3

Memahami Hukum Sebab Akibat
Bagaimana caranya supaya dapat menyelamatkan para pelaku kejahatan agar kembali ke jalan yang benar, supaya masyarakat kembali tenteram? Cara yang paling efektif tak lain adalah menggalakkan Pendidikan Hukum Karma, untuk itu mesti memahami terlebih dulu dasar-dasar dari Hukum Sebab Akibat :

1. Sebab dan Akibat memiliki waktu yang berbeda, dari sebab hingga menjadi akibat membutuhkan satu kurun waktu : hal ini dapat dilihat dari proses menanam padi, kemarin menabur benih padi, memerlukan waktu beberapa bulan barulah bisa panen, jadi tidak mungkin hanya dalam waktu beberapa hari saja sudah bisa memetik hasilnya.

Sama halnya pula, bila sekarang anda melakukan kebajikan, tidak bisa langsung berbuah, butuh satu kurun waktu, barulah benih yang ditabur dapat berbuah. Andaikata anda sekarang melakukan kebajikan dan langsung berbuah, itu bukanlah buah akibat perbuatan baik yang anda lakukan sekarang, tetapi merupakan buah akibat dari perbuatan baik anda pada masa kehidupan lampau dan memperoleh bantuan karma baik yang dilakukan sekarang, sehingga menghasilkan buah akibat yang baik. Karma baik masa kehidupan lampau adalah “benih sebab”, karma baik yang dilakukan sekarang adalah “faktor pendukung”, pahala yang diterima sekarang adalah “buah akibat” dari perbuatan baik di masa kehidupan lampau.

Sebaliknya, andaikata anda sekarang melakukan kebajikan, bukannya mendapatkan balasan baik, malah ditimpa petaka, ini bukan berarti perbuatan baik anda tidak ada pahalanya, tetapi karma buruk yang anda lakukan pada masa kehidupan lampau sekarang sudah masak, sehingga terlebih dulu menghasilkan balasan yang buruk.

Ditinjau dari karma buruk yang anda lakukan pada masa kehidupan lampau, karma baik yang anda lakukan sekarang adalah faktor penghambat, meskipun kekuatan karma baik ini tidak sanggup menghentikan masaknya karma buruk, namun pasti dapat melemahkan kekuatan karma buruk tersebut, maka itu balasan karma buruk-mu jadi lebih ringan.

Kalau bukan karena karma baik yang anda lakukan sekarang, maka balasan karma buruk-mu akan lebih berat! Inilah hubungan yang rumit antara benih sebab, faktor pendukung dan buah akibat.      

Banyak orang tidak yakin pada Sebab Akibat, dikarenakan tidak memahami Hukum Karma. Terutama ketika melihat pelaku kejahatan tidak mendapatkan balasan, bisa bebas dari jeratan hukum, bertindak semena-mena; sebaliknya pelaku kebajikan malah tidak mendapatkan balasan baik, masih tetap miskin, sengsara, ditindas, sehingga menganggap perbuatan jahat tidak mendapatkan balasan buruk, melakukan perbuatan baik tidak membuahkan balasan baik. Jadi siapa lagi yang mau begitu bodoh melakukan kebajikan?

Kenyataannya dalam masyarakat sekarang, umumnya orang menganggap egois itu adalah hal yang lumrah, pelaku kebajikan dianggap sebagai orang tolol. Ini dikarenakan mereka hanya melihat apa yang berlaku di depan mata saja, tidak memahami kebenaran bahwa “Bukan tidak ada balasannya, hanya saja waktunya belum tiba”.

Orang ini pada masa kehidupan lampaunya menimbun pahala besar, pada satu masa kelahiran sekarang ini, meskipun karma buruk yang diperbuatnya begitu banyak, tetapi apa yang dinikmatinya sekarang ini adalah berasal dari pahala yang ditimbunnya pada masa kehidupan lampau, belum habis dinikmati, sehingga melanjutkan menikmati sisa pahala tersebut.

Setelah 10 atau 20 tahun berlalu, menanti hingga pahalanya habis dinikmati, balasan karma buruk yang mengerikan segera muncul. Maka itu Hukum Sebab Akibat takkan silap.

2.Sebab Akibat berhubungan dengan tiga masa kehidupan : tiga masa kehidupan adalah masa kehidupan lampau, masa kehidupan sekarang dan masa kehidupan yang akan datang. Ilmuwan modern berangsur-angsur mulai membuktikan bahwa manusia mengalami siklus lahir dan mati.

Masa kehidupan lampau dan masa kelahiran sekarang, erat hubungannya dengan Sebab Akibat, serupa dengan yang dikatakan sebagai “Bila ingin mengetahui perbuatan yang dilakukan pada masa kehidupan lampau, lihatlah apa yang dialami pada masa kelahiran sekarang”.

Jika anda ingin mengetahui perbuatan apa yang anda lakukan pada masa kehidupan lampau, lihatlah balasan apa yang anda terima pada satu masa kelahiran sekarang ini. Sebab dan Akibat adalah saling terjalin, pada satu masa kelahiran sekarang ini, apabila kehidupan anda miskin dan sakit-sakitan, maka dapat dilihat pada masa kelahiran lampau, anda pasti menciptakan karma buruk yakni kikir dan suka membunuh.  

Sama halnya pula, pada masa kelahiran sekarang dan yang akan datang, juga memiliki kaitan Sebab Akibat, seperti yang dikatakan sebagai “Bila ingin mengetahui buah akibat yang diterima pada masa kehidupan mendatang, lihatlah apa yang diperbuat pada masa kehidupan sekarang”.   

Jika anda ingin mengetahui balasan apa yang diterima dirimu pada masa kelahiran mendatang, maka hanya dengan melihat perbuatan apa yang anda lakukan pada satu masa kehidupan sekarang ini.

Apabila pada satu masa kehidupan ini, anda melakukan Amisa Dana (dengan harta benda membantu orang lain), Dharma Dana (mewariskan ilmu dan ketrampilan diri sendiri kepada orang lain), Abhaya Dana (membantu orang lain sehingga terbebas dari penyakit, kecemasan, ketakutan dan sebagainya), maka pada masa kelahiran mendatang, anda akan memperoleh buah akibat berupa kekayaan, kecerdasan dan kebijaksanaan, kesehatan dan panjang umur.       

Dipetik dari Ceramah Master Chin Kung
Tanggal : 1 April 2016
Bertempat di :  Hong Kong Airport AsiaWorld-Expo
Kode Artikel : 32-137-0001


 

因果教育挽救人心
()

明瞭因果法則
怎樣才能挽救這些造惡的人,挽救這個動亂的社會?最有效的方法莫過於提倡因果教育。提倡因果教育,必須了解基本的因果法則:

一、因果不同時,從因到果需要經歷一段時間:這個道理可以從種莊稼看出來,昨天種了瓜苗,需要經過幾個月的時間才能成熟,不可能幾天就有瓜可以收成。同樣道理,你現在做了善事,不能馬上得到善果,需要經過一段時間,它的善果才會成熟。如果你現在做了善事,馬上得到善報,那不是你現在所做善業的果報,而是你過去所造的善業得到現在善業的幫助而結成的善果。過去的善業是「因」,現在的善業是助「緣」,現在的善果是過去善因的「果」。
相反的,如果你現在做了善事,卻沒有得到善報,反而得到的是惡報,那並不代表你做的善業沒有善果,而是你過去所做的惡業現在成熟了,先產生惡報。對於過去的惡業而言,你現在所做的善業是障緣,雖然力量不足以阻止惡因結成惡果,但是必定會使惡因的力量削弱,所以你的惡報減輕了。如果不是因為你現在做了善事,你這個惡報會更加嚴重!這就是因緣果之間錯綜複雜的關係。
很多人之所以不信因果,就是因為不了解這個法則。尤其看到作惡的人沒有得到惡報,依然逍遙法外,作威作福;行善的人沒有得到善報,依舊窮途潦倒,受苦受氣,因此就否定因果報應,認為作惡沒有惡報,作善沒有善報。那麼誰還會那麼傻去做善事?確實現在社會上大多數人認為自私自利是正常的,做善事的人是傻瓜。這是因為他們太短視,不了解「不是不報,時候未到」的道理。這個人過去生中修了大福報,這一生雖然所造的惡業很多,但現在享受的是過去的福報,還沒享完,繼續在那裡享受。過了十年、二十年,等到他的福報享盡了,可怕的惡報就現前了。所以因果是不會差錯的。

二、因果通三世:三世是過去世、現在世、未來世。現代科學家已經漸漸證實人有前世今生的輪迴存在。前世今生具有因果關係,所謂「欲知前世因,今生受者是」。如果你想知道自己過去造作什麼因,只要看看你這一生所受的是什麼果報就知道了。因果是相應的,這一生如果你受的是貧窮多病的果報,可見過去生你一定是造作慳吝殺生的惡業。同理,今生跟未來生也有因果關係,所謂「欲知來世果,今生作者是」。如果你想知道來生會得到什麼樣的果報,只要看看你這一生造作的是什麼業就知道了。你這一生如果造作財布施(以財物幫助他人)、法布施(把自己的學問技術傳給他人)、無畏布施(使他人免除疾病等憂愁怖畏),來生你就會得到財富、聰明智慧、健康長壽的果報。

文摘恭錄 :
因果教育挽救人心—二O一六年清明祭祖法會談話  (共一集)  2016/4/1  香港機場亞洲博覽館  檔名:32-137-0001