Senin, 26 Juni 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Juni 2017


Apa tujuan Upasaka Huang Nian-zu dapat ke dunia ini? Yakni untuk menulis penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas. Guru Upasaka Huang Nian-zu adalah Upasaka Xia Lian-ju, yang merangkum Sutra Usia Tanpa Batas, sedangkan si murid yakni Upasaka Huang datang menulis penjelasan sutra.

Kita berjodoh bersua dengan Sutra Usia Tanpa Batas yang dirangkum oleh Upasaka Xia Lian-ju dan Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas yang ditulis oleh Upasaka Huang Nian-zu. Maka itu kita mesti tekun belajar, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, jangan ada keraguan sama sekali.

Upasaka Huang Nian-zu menulis penjelasan sutra dengan sangat bagus, oleh karena bukan atas dasar penafsiran-nya sendiri, setiap kalimat merupakan kutipan dari 193 jenis sutra, sastra dan penjelasan karya para praktisi senior jaman dulu, barulah terwujud sebuah buku “Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas” ini.

Setiap kata dan kalimat dalam Sutra Usia Tanpa Batas, diuraikannya dengan sedemikian jelasnya. Apa alasannya? Beliau takut orang lain tidak punya rasa hormat, andaikata penjelasan itu ditulis atas penafsiran-nya sendiri, mustahil orang lain akan takluk, malah menfitnah, anda ini cuma umat awam, apa pantas anda menulis penjelasan sutra?  

Maka itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Upasaka Huang Nian-zu mengutip bait kalimat yang tercantum di dalam sutra, sastra dan penjelasan karya praktisi senior jaman dulu, sehingga orang lain tidak bisa berkomentar apa-apa. 

Ini adalah kebijaksanaan yang sesungguhnya, takkan membuat generasi mendatang jadi timbul keraguan, menghindari generasi mendatang melontarkan kritikan dan menyangkal.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Juni 2017

黃念老來到這個世間,來幹什麼?就是來做這個註解的。他的老師會集,他來作註,夏蓮居會集,他來作註,菩薩再來,續佛慧命。我們有緣分碰到了,我們要繼絕學,要認真要努力,要發願求生,決定不懷疑。經上講的字字句句,包括念老註子,註得好,好在哪裡?不是他自己說的,每一句話都引經據典,總共用了一百九十三種經論跟古大德的註疏,來註這部經。所以這個註解,字字句句都有出處,他都標得很清楚。這是為什麼?怕人家不尊重,如果他自己寫來,別人不服,你是在家居士,你是老幾,你有什麼資格註經?所以完全用經、用論,用古大德,讓大家沒話說。這是真實智慧,不許後人懷疑,不許後人批評,不許後人反駁。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四六四集)  2017/6/22