Rabu, 27 September 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 September 2017



Jika ingin berhasil dalam mempelajari sutra atau sastra lainnya, maka harus menghapus klesa (kekotoran batin), harus melenyapkan tabiat. Setelah melenyapkan kekotoran batin hingga tuntas, barulah Buddha akan memberimu ramalan pencapaian KeBuddhaan. Maka itu untuk melatih 84 ribu pintu Dharma adalah tidak gampang, pintu Dharma manapun juga mesti menghapus kekotoran batin barulah dapat mencapai KeBodhian. Apabila kekotoran batin tidak dikikis hingga tuntas, tabiat masih juga berat, setiap niat pikiran yang timbul adalah tabiat, membeda-bedakan dan melekat adalah tabiat, siapa yang dapat menghindarinya? Makin tua usia makin berat tabiatnya.  

Kami jarang melihat ada praktisi yang tabiat dan kekotoran batinnya tahun demi tahun kian berkurang, yang pernah saya lihat cuma satu orang saja yakni Upasaka Li Bingnan, ini disebut ketrampilan melatih diri efektif. Saat kami masih muda dulu, sungguh tak sebanding dengan beliau, waktu itu kami malah sebaliknya, tahun demi tahun tabiat makin berat, sedangkan Guru Li adalah tahun demi tahun tabiat kian ringan, hanya untuk poin ini saja sudah membuat kami salut, sungguh merupakan sosok yang patut diteladani. 

Darimana kita memulainya? Dari melepaskan kemelekatan. Memang mudah untuk mengatakannya, namun untuk mewujudkannya adalah hal yang sungguh sulit! Sudah berupaya berpuluh-puluh tahun masih saja tidak sanggup melepaskan kemelekatan. Kembali merenungkan diri sendiri, masih agak sedikit terhibur, meskipun tidak sanggup melepaskan hingga menyeluruh, namun sekarang sudah jadi ringan banyak. Tahun demi tahun bertambah ringan, takkan sebaliknya bertambah berat, paling tidak, ketrampilan melatih diri sedikit banyak juga sudah efektif.              

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 September 2017

要學其他的經論,必須要斷煩惱,要改習氣。斷見思煩惱,佛給你授記,斷塵沙煩惱、斷無明煩惱,這是諸佛為弟子們授記的條件。所以八萬四千法門不容易,任何一個法門都要斷煩惱,證菩提。煩惱斷不掉,習氣太深,起心動念就是習氣,分別執著是煩惱,誰能免得了?年歲愈大,習氣愈深。我們沒有看到習氣煩惱在修行人身上一年比一年輕,不多見。我見到的只有一個人,李炳南老居士,這叫功夫得力。我們這些年輕的晚輩都比不上他,我們是一年一年習氣加重,他是一年比一年輕,這一點就值得我們佩服,值得我們學習。從哪裡學?放下。這兩個字說得容易,做起來可真難!做了幾十年了,還是放不下。自己回想,還值得一點安慰,雖然沒有完全放下,輕了很多。一年比一年減輕,沒有說一年比一年嚴重,這就是功夫稍稍得力。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八二集)  2017/9/19




 

Keyakinan dan pengamalan tidak mundur, di dalam Aliran Sukhavati mendapat ramalan pencapaian KeBuddhaan, Buddha Amitabha akan datang memberimu ramalan pencapaian KeBuddhaan.

Serupa Master Hai Xian, beliau pernah bersua dengan Buddha Amitabha, lalu memohon pada Buddha Amitabha untuk membawanya pergi. Buddha memberitahukan dirinya, pelatihan dirimu sangat bagus, merupakan teladan yang bagus bagi praktisi lainnya, tinggallah lebih lama lagi di dunia ini, untuk menjadi teladan yang baik bagi semua orang, terutama bagi praktisi pelafal Amituofo yang bertekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Dengan perkataan lain, usianya diperpanjang oleh Buddha Amitabha. Andaikata Buddha tidak mengaruniakan usia panjang kepadanya, menurutku, beliau hanya hidup sampai usia 70 atau 80 tahun saja, namun ternyata usianya mencapai 112 tahun. Bila diamati dengan seksama kehidupan Master Hai Xian, setiap tindakan dan prilakunya adalah membuat peragaan Dharma untuk diperlihatkan kepada kita semuanya. Sungguh disayangkan jerih payah insan yang memperagakan Dharma untuk diperlihatkan kepada kita, sementara kita yang setiap hari berada bersamanya, malah tidak memahami maksudnya.

Mengapa demikian? Oleh karena kita begitu ceroboh, menunggu sampai Master Hai Xian sudah meninggal dunia, mengenangnya kembali, barulah tahu berterimakasih.  
 
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 September 2017

信行不退,在淨宗這個法門裡面,即得授記,得阿彌陀佛給我們授記。像海賢老和尚,他見到阿彌陀佛了,求阿彌陀佛帶他往生。佛告訴他,你修行得很好,是個修行人的好榜樣,多住幾年,給大家做榜樣,特別是給念佛求往生的人做個好榜樣。換句話說,他的壽命是佛給他延長的。佛要不給他延長,在我想,他也就是七老八十,七、八十歲,他活到一百一十二歲走的。細心觀察老人的一生,處處都在表法給我們看。非常可惜,表法的人很辛苦,做樣子給我們看,我們天天跟他在一起,沒看懂。那是什麼?我們自己粗心大意,等他走了之後回頭再想想,感恩。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八二集)  2017/9/19




 
  
Pada era ini, untuk menyebarluaskan Buddha Dharma adalah tidak mudah, mengapa demikian? Tidak ada orang yang percaya, orang yang menceramahkan Dharma itu jumlahnya terlampau sedikit. Hanya Pintu Dharma ini, membangkitkan keyakinan benar dan tekad menyeluruh, melafal Amituofo, maka dia dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Lagi pula dengan ketrampilan melatih diri ini, dapat memperoleh ramalan pencapaian KeBuddhaan dari Buddha Amitabha. 

Lantas apakah Buddha Amitabha ada atau tidak memberi ramalan pencapaian KeBuddhaan kepada kita? Setiap kita membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” dari awal sampai akhir sebanyak satu kali, maka kita memperoleh ramalan pencapaian KeBuddhaan dari Buddha Amitabha sebanyak satu kali; kalau dalam sehari anda sanggup mengulang membaca sutra sebanyak tiga kali, maka Buddha Amitabha akan memberimu ramalan pencapaian KeBuddhaan sebanyak tiga kali; kalau dalam sehari anda mengulang membaca sutra sebanyak sepuluh kali, maka Buddha Amitabha akan memberimu ramalan pencapaian KeBuddhaan sebanyak sepuluh kali, ini adalah nyata dan tidak semu.    

Ketika kita membahas sampai di topik ini, juga memperoleh ramalan pencapaian KeBuddhaan dari Buddha Amitabha, di dalam ruangan ceramah yang kecil ini, seluruh hadirin juga mendapat bagian. Kita melewatkannya begitu saja, inilah yang disebut dengan kelalaian, tidak menyadarinya. 

Maka itu Buddha Sakyamuni menggunakan beberapa kalimat ini untuk menasehati para anggota Sangha supaya memberi ceramah Dharma dan umat awam mendukung dan mendengarnya, belajar dengan serius, dengan demikian Buddha memberi kita ramalan pencapaian KeBuddhaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 September 2017
 
這個時代弘法利生不容易,為什麼?沒人相信,講經的人太少了。確確實實只有這個法門,真信切願,持名念佛,他就能往生。而且就這個功夫就能得彌陀授記。那彌陀有沒有給我們授記?我們每將這部經從頭到尾念一遍,就是接受阿彌陀佛授記一次;你一天能念三遍,佛就給你授三次記;你一天念十遍,佛就給你授十次記,這是真的不是假的。我們講到這一遍的時候,也得佛授記,在這個小講堂小教室裡面人人都有分。我們疏忽了、大意了,叫粗心大意,沒有感覺到。所以世尊就用這幾句話普勸法師及大眾,勸法師發心講經,勸大眾天天聽講,認真學習,追隨法師講經的進度,學無止境,天天佛給我們授記。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八二集)  2017/9/19