Kamis, 26 Oktober 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Oktober 2017


Orang awam melatih diri, tiada yang tidak melekat pada rupa, kesalahannya terletak di sini, mengapa ketrampilan melatih diri tidak efektif? Melekat pada rupa. Tidak melekat pada rupa, sulit!

Di dalam Aliran Sukhavati ada sebuah cara untuk menghadapinya. Aliran Tanah Suci justru melekat pada rupa, yakni melekat pada Buddha Amitabha, melekat pada Alam Sukhavati.

Kewibawaan lingkungan Alam Sukhavati seperti yang disebutkan di dalam sutra, kita mesti senantiasa merindukannya, ini adalah melekat pada rupa, mengingatNya, ini sudah melekat pada rupa, melafalNya, ini juga sudah melekat pada rupa, jadi Aliran Sukhavati tidak sama dengan pintu Dharma lainnya. Selain Aliran Sukhavati, 84 ribu pintu Dharma lainnya, setiap metode tersebut tidak boleh melekat pada rupa.

Bagi Aliran Sukhavati yang penting adalah anda benar-benar yakin pada Alam Sukhavati, tiada keraguan sama sekali, bila anda bertanya padaku, apakah benar Alam Sukhavati itu nyata adanya? Saya beritahu padamu, Alam Sukhavati itu benar-benar nyata adanya, Buddha Sakyamuni takkan mengelabui kita.

Lantas kenapa sudah melekat pada rupa, kita masih dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Justru hanya dengan melekat pada Tanah Suci Sukhavati barulah dapat terlahir di sana, sesampainya di Alam Sukhavati belajar pada Buddha Amitabha, menerima pemberkatan dari kekuatan kewibawaan Buddha Amitabha, membantumu meninggalkan segala kemelekatan rupa, sehingga memperoleh keseluruhan Dharma.

Kemudahan metode Tanah Suci ada di sini, demikian pula keunggulan metode Tanah Suci juga ada di sini. Selain Pintu Dharma ini, tiada lagi pintu Dharma kedua, yang melekat pada rupa tapi bisa mencapai keberhasilan, takkan ada lagi yang kedua. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Oktober 2017

凡夫修行,沒有不著相的,錯就錯在這裡,功夫為什麼不得力?著相。不著相,難!在淨宗有一個方法,對治這個辦法,用什麼?淨土宗是住相。住什麼相?住阿彌陀佛的相,住極樂世界的相,經上所講極樂世界依正莊嚴,要我們常常想念,這就著相,想,著相了,念,著相了,不同於其他大乘法門。其他的,除淨宗之外,八萬四千法門,門門都不能著相。難易從這裡明顯的顯示出來了。

淨宗只要你對極樂世界真正相信,絕不懷疑,你要問我有沒有極樂世界?我告訴你,真有,確實有極樂世界,佛不妄語。那我們到極樂世界去,著了相為什麼還能去?著相只能去淨土,去淨土之後,跟阿彌陀佛學習,阿彌陀佛威神加持,幫助你離一切相,即一切法。淨土的方便在此地,淨土的殊勝也在此地。除這個法門之外,沒有第二個法門,說是住相能成就的,沒有。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四九O集)  2017/10/13

 


 

Di dalam “Maha-prajna-paramita-sastra” terdapat dua perumpamaan, mudah dipahami, di dalam perumpamaan tersebut juga sedemikian rupa, kasus begini waktu jaman dulu lebih jarang terjadi, sedangkan dalam masyarakat kini sudah sering dijumpai.

Kalau kita percaya pada ucapan begini, kata-kata gunjingan, maka jalinan jodoh kita dengan Kalyanamitra terputus begitu saja. Maka itu harus memiliki kebijaksanaan, senantiasa memohon pemberkatan dari Triratna (Buddha, Dharma, Sangha), agar kita dapat bersua dengan Kalyanamitra Sejati, hal lebih penting dari segalanya.   

Mesti bersahabat dan belajar pada Kalyanamitra Sejati, bagaimana caranya supaya dapat bersua dengan Kalyanamitra Sejati? Memiliki ketulusan dan rasa hormat. Mengapa demikian? Oleh karena ketulusan dan rasa hormat terjalin dengan jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan).

Andaikata dia merupakan Kalyanamitra Sejati, maka para Buddha dan Bodhisattva Maha Maitri Maha Karuna akan memberkatimu, sehingga Kalyanamitra Sejati takkan mengabaikan dirimu.

Sebaliknya apabila ketulusan anda tidak sepenuhnya, anda tidak bersungguh-sungguh, maka takkan bersua dengan Buddha dan Bodhisattva, anda malah akan bertemu dengan yang imitasi alias tiruan. Mengapa demikian?

Oleh karena anda tidak memiliki kesungguhan hati, anda tidak tulus, tidak punya rasa hormat, anda takkan bersua dengan Kalyanamitra. Bukanlah Kalyanamitra yang mengabaikan dirimu, namun rintangan itu ada pada dirimu sendiri, sehingga membuat jarak pemisah antara Kalyanamitra dan dirimu sendiri, kesalahan tersebut ada pada diri sendiri. Oleh karena tidak punya rasa hormat, tidak berbakti.

Saya selalu memotivasi praktisi sekalian, rasa hormat dan bakti dapat melindungi dirimu sepanjang hayat. Benar-benar berbakti pada ayahbunda, menghormati guru dan senior, ada Dewa Pelindung Dharma yang akan melindungi dirinya, dia takkan bertemu dengan kesulitan ini, rintangan Mara. Dapat jauh dari kalyanamitra palsu, senantiasa belajar pada Kalyanamitra Sejati, pada satu masa kelahiran ini melafal Amituofo berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, terlahir ke Alam Sukhavati mencapai kesempurnaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Oktober 2017

《大論》裡頭有兩個比喻,很容易懂,總結,比喻裡頭也是如是,這些事情古時候比較少有,現在社會常常遇到。如果我們聽信這些話、這些謠言,這一生當中跟善知識的緣就斷了。一定要有智慧,要時時刻刻求三寶加持,讓我們有緣遇到真善知識,這比什麼都重要。要親近真善知識,怎麼樣才能遇到?真誠,恭敬。為什麼?真誠、恭敬心與自性相應。善友,諸佛菩薩大慈大悲,他會照顧你,他不會把你漏掉。如果你不是真實的誠意、真心,遇不到佛菩薩,你遇到的都是假的。為什麼?因為你自己的心不真,你不誠懇、不恭敬,你遇不到善知識。善知識不是不照顧你,你自己有個障礙,把自己跟善知識隔開了,過失在自己,這個自己是什麼?不敬、不孝。我常常勉勵同修們,一個孝、一個敬會保佑你一生。真正孝順父母,真正敬事師長的人,有護法神保護他,他不會遇到這些磨難、魔障。能夠遠離假善知識,常常親近真善知識,這一生當中念佛必定往生,往生就是圓滿成就。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四九O集)  2017/10/13