Senin, 16 Januari 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Januari 2017


Akibat karma itu sedikitpun takkan meleset. Yang menimbun berkah besar memperoleh pahala besar, apa yang dimaksud dengan berkah besar? Yakni menasehati orang lain supaya melafal Amituofo dan bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, ini merupakan berkah besar, setelah dia berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, maka ini merupakan pahala besar.

Membantu orang lain menghapus kesesatan dan mengembangkan pencerahan adalah berkah besar, membantu orang melenyapkan kejahatan dan memupuk kebajikan adalah berkah besar. Ingatlah bahwa sebelum membantu orang lain terlebih dulu mesti membantu diri sendiri, andaikata diri sendiri saja tidak mampu membantu diri sendiri, bagaimana mungkin anda bisa membantu orang lain?

Dari mana memulainya? Dari niat pikiran yang muncul. Setelah belajar Ajaran Buddha takkan memikirkan diri sendiri lagi, setiap saat memikirkan para makhluk yang menderita, setiap niat pikiran memikirkan Alam Sukhavati dan Buddha Amitabha, memohon pada Buddha Amitabha agar datang menjemput diri sendiri dan semua makhluk yang menderita.

Hati itu harus lapang, hati lapang barulah besar berkahnya, hati lapang barulah besar kebijaksanaannya. Tidak memikirkan diri sendiri, maka berkah akan muncul dengan sendirinya, bukanlah tidak berpikir maka tidak ada berkah, justru tidak berpikir barulah ada berkah, bahkan berkah ini lebih besar dari pada apa yang kita bayangkan.  

Apabila di hati anda tidak memikirkan berkah diri sendiri, yang anda pikirkan hanyalah berkah yang diperoleh para makhluk, maka pahala ini akan besar sekali, bahkan tidak bisa anda bayangkan bagaimana besarnya pahala tersebut.

Kebenaran ini mesti dipahami, barulah kita memahami bagaimana caranya melatih diri dengan benar.         

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Januari  2017

報應一點都不會錯。修大福得大果報,什麼是大福?幫助人念佛成佛是大福,他往生了,這個福報大,幫助人破迷開悟是大福,幫助人斷惡修善是大福。記住,幫助別人要先幫助自己,自己幫自己都幫不上,你怎麼能幫助別人?從哪裡做起?從起心動念處做起。學佛之後再不想自己了,念念想著苦難眾生,念念想著西方極樂世界,念念念著阿彌陀佛,求佛來接引,接引我們自己,接引這個世間苦難眾生。心量要大,量大福大,量大智慧大。不想自己,福在其中,不是不想就沒福了,不想有福,而且福比我們想求的更大。你想求的那個福,來感應的時候,就你心想的那麼大;你要是心裡沒有想自己得福,想到眾生得福,那個福報就大了,大到你意想不到。這些道理要搞通、要搞明白,我們才懂得怎樣如理如法修學。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四一五集)  2017/1/9