Jumat, 02 Juni 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Mei 2017


Tiga bencana besar yang disebutkan di dalam sutra Buddha : yang pertama adalah bencana api, yang kedua adalah bencana air, yang ketiga adalah bencana angin. Bencana api mampu membakar hingga Alam Jhana tingkat pertama, bencana air mampu menenggelamkan hingga Alam Jhana tingkat kedua, bencana angin mampu berhembus hingga Alam Jhana tingkat ketiga.

Sedangkan di Alam Jhana tingkat keempat tidak ada bencana, maka itu Alam Jhana keempat disebut alam berkah, yang mempunyai pahala. Kita tahu bahwa Alam Jhana tingkat keempat ini merupakan tempat melatih diri bagi Anagami, setelah mencapai tingkatan Arahat, maka telah berhasil melampaui enam alam tumimbal lahir.

Setelah melampaui enam alam tumimbal lahir, barulah karir melatih diri dapat disebut berhasil. Meskipun bukan keberhasilan besar, keberhasilan besar adalah dapat melampaui Triloka, yakni Kamaloka, Rupaloka dan Arupaloka, namun dapat melampaui enam alam tumimbal lahir juga tidak gampang.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Mei 2017

佛經給我們說的大三災:第一個是火災,第二個是水災,第三個是風災。火災能燒到初禪天,水災淹到二禪天,風災會吹壞三禪天。四禪天沒有災難,所以四禪天叫福天,有福報,到第四禪。那我們知道,第四禪是小乘三果聖人修行的處所,證得四果之後就超越了。六道輪迴以這個為界限,超越六道輪迴這才算修行有成就。雖然不是大成就,大成就是超越三界,欲界、色界、無色界,超越三界,超越輪迴就相當不容易了。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四四七集)  2017/5/27