Jumat, 13 Oktober 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Oktober 2017


Sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas) merupakan intisari dari seluruh sutra yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni selama 49 tahun. Dengan perkataan lain, seluruh sutra yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni selama 49 tahun telah tercakup di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas”, satupun takkan ketinggalan.

Kita mesti dapat memahami makna ini. Dapat melafal Amituofo, siang malam enam periode waktu, tak terpisahkan dari sepatah Amituofo, adalah serupa dengan telah mempelajari 84 ribu pintu Dharma. Maka itu anda akan serupa dengan para Buddha Tathagata, memperoleh seluruh kebijaksanaan yang maha luas, hal ini dikatakan oleh Master Ouyi kepada kita.  

Upasaka Huang Nian-zu mengatakan bahwa kalimat yang tercantum di dalam “Yao Jie (Penjelasan Amitabha Sutra karya Master Ouyi)”, lihatlah betapa besarnya perasaan hormat tersebut, sungguh merupakan “Hendaknya menggunakan waktu mendatang yang tanpa batas untuk bernamaskara pada sebait kalimat tersebut”.        

Master Ouyi yang mengatakannya, siapakah Master Ouyi? Penjelasan Amitabha Sutra karya beliau, setelah membacanya, Master Yin Guang memberi pujian bahwa kalau bukan Buddha atau Bodhisattva yang datang untuk menulis penjelasan Amitabha Sutra, maka takkan sanggup melampaui buah pena Master Ouyi. Jadi siapakah Master Ouyi itu, jawaban ini sudah jelas dalam benak kita.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Oktober 2017

這部經,就是釋迦牟尼佛當年在世,四十九年所說一切經裡面,一個大總持法門。也就是說,持誦這部經,把四十九年所說的經,全包括在其中,一樣不缺。我們要能體會這個意思。能夠執持名號,二六時中,這一句佛號不離開,等於把八萬四千法門,每一門你都學到了。所以你能夠像諸佛如來一樣,當獲廣大一切智智,蕅益大師告訴我們的。念老說,蕅益大師的《要解》這幾句話,你看多麼恭敬,實實在在「應該盡未來際頂禮膜拜此一句也」。蕅益大師說的。蕅益大師是什麼人?他註解的《彌陀經要解》,印光大師看了,讚歎備至,說出,即使是菩薩佛陀住世,給《彌陀經》做一部註解,也不能超過蕅益大師的。蕅益大師是什麼人,我們心裡就有數了。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八四集)  2017/10/6

 


 
 
Rintangan karma begitu berat, saya ingin memahami kebenaran sejati, namun tidak tercapai, lantas bagaimana? Bait sutra ini mengajarimu membangkitkan keyakinan, tekad dan melafal Amituofo. Meneladani Master Hai Xian, melafal hingga satu kurun waktu, perlahan-lahan hati jadi tenang dan terfokus, perlahan-lahan jadi suci, mencapai pencerahan seketika. 

Praktisi begini jumlahnya amat banyak, sejak dulu hingga sekarang, dalam Aliran Sukhavati, baik umat awam maupun anggota Sangha, melatih metode ini dan meraih keberhasilan, jumlahnya tidaklah sedikit. Kasus ini banyak tercantum di dalam kisah-kisah para praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, seperti “Wang Sheng Zhuan” maupun “Jing Tu Sheng Xian Lu”, ini memberikan bukti nyata kepada kita. 

Master Hai Xian wafat pada tahun 2013, tidak mengenal aksara, tidak pernah mengecap pendidikan, sepatah Amituofo dilafal 92 tahun lamanya, mencapai pencerahan sempurna. Tugasnya menampilkan peragaan Dharma telah selesai, Buddha Amitabha menjemputnya ke Alam Sukhavati. Teladan begini sanggup kita tiru.    

Hanya saja kita tak sebanding dengan beliau dalam hal hati yang teguh, dia memiliki kesabaran, sementara itu kekotoran batin (klesa), tabiat dan bentuk-bentuk pikiran kita senantiasa bermunculan, hati pun jadi sulit tenang dan terfokus, kesucian hati tidak mampu muncul keluar, ini merupakan akar penyakit batin kita.

Akar penyakit batin yang terlampau berat, tabiat sejak kalpa tanpa awal yang menyebabkannya, adakah solusinya? Ada, ada cara untuk menyembuhkannya. Dengan cara bagaimana? Saya sendiri juga melatih cara ini, boleh dijadikan bahan pertimbangan, yakni melapangkan hati, dengan hati yang setara memperlakukan semua makhluk.     

Memandang semua makhluk serupa dengan ayahbunda sendiri, serupa dengan kalyanamitra, serupa dengan Buddha dan Bodhisattva. Dengan demikian senantiasa mencapai kemajuan batin, hati jadi lapang dan suci, perlahan-lahan dapat memahami makna dibalik bait sutra, setiap kata dan kalimatnya memiliki makna tanpa batas, anda jadi mampu memahaminya.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Oktober 2017

業障深重,我是想明瞭事實真相,可是達不到,怎麼辦?這段經文教給你,信、願、持名。學海賢老和尚,念到一個時期,心慢慢定了,慢慢清淨了,豁然大悟。這樣的人多,自古以來,淨宗,無論在家出家,依照這個方法修行,真成就的人不少,《往生傳》裡頭有,《淨土聖賢錄》裡頭有,那是給我們做證明的。海賢老和尚,二O一三年走的,不認識字,沒念過書,一句佛號念了九十二年,大徹大悟。他表法的任務圓滿了,阿彌陀佛接引他到極樂世界。這個樣子我們可以學。我們不如他的地方,他有恆心,他有耐心,我們的妄想雜念、煩惱習氣,時時滲透,心定不下來,安不下來,清淨心不能現前,這是我們的病根。

病根太重,無始劫來的習氣造成的,有沒有辦法?有,有辦法對治。有什麼方法?我自己修的,這個方法,可以給大家做參考,把心量拓開,真正用平等心看待一切眾生。看待一切眾生,都跟自己父母一樣,跟善知識一樣,跟佛菩薩一樣。把自己境界不斷向上提升,心量大了,心清淨了,慢慢就能體會到經裡頭的意思,字字句句無量義,你能體會到。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八四集)  2017/10/6





 

Kehidupan manusia masa kini sungguh memprihatinkan, kemarin kami melihat sebuah berita kejadian di Las Vegas dimana pelakunya merupakan orang yang kurang waras, menembak secara brutal, korban yang tewas lebih dari 50 orang, yang menderita luka berat lebih dari 500 orang, tanpa alasan yang jelas. Apa salah orang-orang itu padamu? Mengapa anda membunuh mereka? Beginilah dunia masa kini. Senapan bebas diperjualbelikan di Amerika.      

Sepanjang hayatnya manusia bertemu dengan banyak masalah, pepatah berkata, diantara 10 hal ada 8 atau 9 hal yang tidak menyenangkan, jadi hal yang tidak menyenangkan yang justru sering kita alami. Tetapi sesusah apapun juga janganlah membunuh orang.        

Saya pernah melihat orang yang emosi karena sedang menghadapi masalah, saat makan dia membanting meja makan, seluruh hidangan di atas meja jadi terbuang sia-sia, kejadian begini saya pernah melihatnya, tetapi tidak pernah melihat punya masalah lalu membunuh orang.

Maka itu budaya warisan leluhur Tiongkok masih menyisakan secuil, ketika anda emosi, masih ada batasnya. Membuat piring terbang masih bolehlah, tapi jangan sampai melukai orang lain, prinsip ini mesti ditaati.

Pelaku penembakan massal di Las Vegas, habis menembak orang lain juga menembak dirinya sendiri, ke mana dia akan menuju? Ke Neraka Avici. Buat apa? Inilah bentuk kehidupan di dunia ini, yang tidak pernah mengecap pendidikan Hukum Karma. Andaikata dia pernah mengecap pendidikan Hukum Karma, andaikata dia tahu adanya tumimbal lahir, mengetahui adanya tiga masa yakni masa lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang, maka orang begini akan jadi insan yang baik.

Meskipun bertemu dengan orang jahat juga takkan melukainya, malah sebaliknya akan merasa iba, membantunya menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan. Berjodoh dengan Buddha, dapat meyakini dan memahami, mengamalkan ajaranNya dengan serius, ini merupakan jodoh yang sangat mendalam dengan Buddha, mesti membantunya mencapai KeBuddhaan, terlahir ke Alam Sukhavati adalah mencapai KeBuddhaan.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Oktober 2017

現在這個世界眾生多可憐,昨天我們看到一個新聞,美國賭城出了事情。那些都是頭腦神經失常的人,拿起槍來殺人,當場死了五十多個,重傷的五百多個,無緣無故。街上那些人跟你有什麼仇恨?你為什麼要殺他?這是今天的世界。美國的槍枝是自由買賣的。

自己一生,遇到不如意的事情多,古人常說,不如意事常八九,常常碰到,八九是多,不是少,但是再不如意不可以殺人。我見過人在不如意發脾氣的人,吃飯的時候推翻桌子,菜飯都打掉了,這個我看過,沒看到過殺人的。這也就是中國傳統文化,還留著這麼一點點,你發脾氣,有限度的,不是沒有限度。摔碗碟可以,不能傷害人,這個原則要守住。殺人的人自己也自殺了,自殺到哪裡?到無間地獄。何苦呢?這就是活在這個世間,沒有學過因果教育。他要懂得因果教育,要知道有輪迴,要知道有三世,過去現在未來,這人就乖了。縱然看到惡人,會不會去傷害他?不會,會充滿了憐憫心、同情心,幫助他離苦得樂。與佛有緣,能信能解,能真幹,那是與佛的緣很深,一定要幫他成佛,往生極樂世界就是成佛。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八四集)  2017/10/6

 


 


Hari ini kita dapat bersua dengan Ajaran Sukhavati merupakan kesempatan yang sulit diperoleh, mengapa demikian? Kita adalah orang awam, rintangan karma yang begitu berat, setiap hari masih menciptakan karma, bagaimana mungkin bisa bersua dan melatih metode terunggul ini?  

Buddha Sakyamuni membabarkan dengan jelas di dalam sutra, praktisi pelafal Amituofo pada masa kehidupan lampaunya, pernah memberi persembahan kepada para Buddha, pada masa kehidupan lampau, selama kelahiran demi kelahiran belajar Ajaran Buddha.  

Memberi persembahan, ada yang bentuknya dana materi (Amisa Dana), Dharma Dana, juga ada persembahan dalam bentuk menerima dan mengamalkan ajaran. Pada masa kelahiran lampau praktisi pelafal Amituofo telah memberi persembahan kepada para Buddha yang banyak sekali, sehingga pada satu masa kehidupan sekarang ini, terlahir menjadi manusia, bertemu dengan Buddha Dharma lalu bersua dengan “Sutra Usia Tanpa Batas”.

Memperoleh pemberkatan dari para Buddha dan Bodhisattva, sehingga ketika melihat sutra ini timbul perasaan sukacita, begitu melihatnya langsung menerima dan mengamalkannya, ini dikarenakan akar kebajikan kelahiran masa lampau muncul ke permukaan, barulah ada mukjizat pada masa kehidupan sekarang. Mukjizat ini, banyak praktisi sekalian yang pernah mengalaminya.  

Mengingat dan melafal Amituofo, hal ini tidak boleh terputus. Upasaka Huang Nian-zu mengingatkan kita di sini, kita memperoleh pemberkatan dari kekuatan Buddha, barulah memperoleh kesempatan bersua dengan Pintu Dharma yang maha agung ini, yakni Pintu Dharma Tanah Suci, yang menunjuk pada sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas) dan sepatah Amituofo. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Oktober 2017

我們這個機緣難得,為什麼?我們是凡夫,業障深重,天天還在造業,怎麼可能修這樣的大法?佛在經上跟我們說得很清楚,這個話不是別人說的,佛說的。佛說我們在過去生中,已曾供養諸佛,廣修眾善,過去生中生生世世學佛。供養,有財供養,有法供養,有依教修行供養。過去供養的佛不少,很多,這一生當中,得人身,遇佛法,又遇到這個經典。得諸佛菩薩的加持,所以這個經看到就歡喜,看到就心想受持,是過去世的善根發現,才有這一生感應。這種感應,我相信有很多同學都有過。憶佛念佛,不能中斷。念老在此地非常肯定的告訴我們,我們得佛力加持,能得如是廣大法門,這就是淨土宗的法門,就指這部經,指這句佛號。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八四集)  2017/10/6




 
 
Jangan lagi berkhayal, ketika mata melihat rupa, melihat dengan jelas namun hati takkan tergoyahkan. Telinga mendengar suara dengan jelas, hidung juga mencium bau dengan jelas, 6 indria mengadakan kontak dengan 6 lingkungan luar, jelas dan dimengerti, ini adalah kebijaksanaan dari jiwa sejati, namun hati takkan tergoyahkan, inilah ketrampilan melatih diri.

Apa yang dimaksud dengan tergoyahkan? Yakni setelah melihat atau mendengar, muncul niat pikiran khayalan, perbedaan dan melekat. Demi diri sendiri, ini disebut menciptakan karma buruk; sebaliknya demi orang banyak juga disebut menciptakan karma, tapi karma baik.

Kita menuruti cara melatih diri ini, memberi teladan untuk diperlihatkan kepada orang lain, menceramahkan sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas) kepada orang banyak, supaya mereka dapat memahaminya, ini juga disebut karma baik, mengapa demikian? Oleh karena anda melekat pada rupa.

Andaikata anda tidak melekat lagi pada rupa, maka 6 indria melakukan kontak dengan 6 lingkungan luar, bekerja namun tidak merasa telah bekerja, merasa tidak bekerja namun telah bekerja, ini adalah kesucian hati.

Buddha dan Bodhisattva memiliki kemampuan, menampilkan peragaan Dharma untuk diperlihatkan kepada semua makhluk, membabarkan Dharma namun hati takkan tergerak, takkan timbul niat pikiran, takkan membeda-bedakan dan takkan melekat. Menakjubkan! Kondisi batin yang bagaimanakah ini?

Inilah yang disebut bekerja namun tidak memiliki perasaan telah bekerja, tidak merasa bekerja namun telah bekerja, ini adalah kondisi batin Bodhisattva. Bekerja namun tidak merasa bekerja, tidak merasa bekerja namun telah bekerja, mengapa dikatakan tidak merasa bekerja namun telah bekerja?

Bekerja adalah membantu para makhluk, memberi ceramah Dharma, menampilkan peragaan sila, samadhi dan prajna, untuk diperlihatkan kepada semua makhluk. Namun dalam menampilkan peragaan Dharma, kalau masih tergoyah hatinya, maka ini adalah menimbun berkah kebajikan, pada masa kehidupan mendatang hanya dapat terlahir di tiga alam bajik (Alam Surga, Alam Manusia, Alam Asura), tidak sanggup mencapai KeBuddhaan.

Maka itu kita perlu menukarnya, tempo dulu niat pikiran yang muncul adalah demi kepentingan diri sendiri, sekarang niat pikiran yang timbul adalah demi kepentingan orang banyak. Setiap niat pikiran yang muncul adalah demi orang banyak, sehingga melupakan diri sendiri, bagus, melupakan diri sendiri, maka tumimbal lahir juga takkan ada lagi; kalau masih ada keakuan maka masih ada enam alam tumimbal lahir. Hubungan ini erat kaitannya, tidak boleh tidak memahaminya dengan jelas.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Oktober 2017

不要再有妄念了,眼見色,看得清清楚楚明明白白,心怎麼樣?如如不動。耳聽得清楚,鼻聞得清楚,六根對六塵境界,清清楚楚,明明瞭瞭,這是智,這是本性的智,就是一切智智,可是要如如不動,這叫功夫。不是不接觸,接觸動搖了,你是凡夫。動搖是什麼?生妄想、分別、執著,起這些念頭。為自己,這是造業,惡業;為別人,也在造業,善業。我們照這個修行,做榜樣給人看,把這個經典講解給別人聽,讓別人都懂得,這是善業,為什麼?你著相。不著相是六根在六塵境界裡,作而無作,無作而作,那就是本來清淨。

佛菩薩有本事,為眾生表演,為眾生講經說法,心沒動,沒有起心動念,沒有分別執著,高!這是什麼境界?作而無作,無作而作,菩薩境界。作而無作,無作而作,為什麼無作而作?而作是幫助眾生,講經說法,做出戒定慧的榜樣給大家看。他要真的起心動念,是修善法,積善因,來生三善道的果報,不能成佛、成菩薩。我們先要從淡,怎麼個淡法?把它調換過來,過去起心都為自己,現在起心動念為別人。念念都為別人,把自己忘掉了,好,把自己忘掉,輪迴就沒有了;還有自己,就還有六道輪迴。這關係太大,不能不搞清楚。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八四集)  2017/10/6




 

Kalau sudah dipahami dengan jelas, maka anda pasti merasa bersukacita, sangat bersukacita, akhirnya juga berhasil dipahami dengan jelas, takkan ada lagi keraguan. Mulai sekarang satu arah, satu tujuan, satu jalan, hingga mencapai Alam Sukhavati, belajar pada Buddha Amitabha.

Memberi ceramah pada dirinya, membawa lebih banyak insan ke Alam Sukhavati, makin banyak praktisi yang dibawa makin bagus.

Melatih diri adalah membangkitkan keyakinan benar, membulatkan tekad dan melafal Amituofo! Bersukacita memperkenalkan Buddha Dharma kepada orang lain, inilah yang disebut mengamalkan Jalan Bodhisattva.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Oktober 2017

廣大勝解,勝是殊勝,解是明白了,真的搞清楚搞明白了。那你一定會歡喜,非常歡喜,終於搞清楚搞明白,沒有懷疑了。從今而後,一個方向,一個目標,一條大道,直通極樂世界,親近阿彌陀佛。廣為他說,多帶幾個人到極樂世界去,帶得愈多愈好。常樂,樂是愛好,喜歡,這裡不是快樂,不念勒,好樂修行。修行是真幹,就是真信、切願、執持名號,執持《無量壽經》,都好!歡喜把佛法介紹給別人,這叫行菩薩道。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八四集)  2017/10/6