Sabtu, 23 September 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 September 2017


Siapakah yang dimaksud dengan siswa terunggul Tathagata? Harus diingat, setiap praktisi yang melafal Amituofo, maka dia merupakan siswa terunggul Tathagata. Bukan hanya di Alam Sukhavati-Nya Buddha Amitabha, dia dianugerahkan gelar “Siswa Terunggul”, namun seluruh Buddha Tathagata yang tersebar di sepuluh penjuru, juga akan memberinya anugerah sebagai “Siswa Terunggul”. Mendengar penjelasan ini, kita merasa begitu beruntung, telah bersua dengan Pintu Dharma ini.

Mari kita lihat bait sutra berikutnya :
Buddha menjelaskan bahwa praktisi Nian Fo tidak boleh memandang rendah pada dirinya sendiri (tak percaya diri) juga tidak boleh merasa angkuh, seharusnya senantiasa rendah hati, memiliki etika dan moral yang tinggi, melafal Amituofo dengan setulusnya, dengan cara demikian untuk menyempurnakan dan mengembangkan akar kebajikan.  Ketahuilah bahwa praktisi ini bukanlah akar Hinayana. Bahkan Buddha memuji praktisi sedemikian sebagai : “Didalam DharmaKu, disebut Siswa Terunggul”.

Jadi bait sutra telah menjabarkan dengan jelas kepada kita, apakah kita mau atau tidak menjadi siswa terunggul Buddha, maka cuma ada di dalam sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas), di sutra lainnya tidak ada disebutkan hal begini. Lantas mengapa cuma ada di dalam Sutra Usia Tanpa Batas? Tathagata Amitabha diantara seluruh Buddha merupakan Yang Terunggul, maka tentu saja siswaNya juga diberi anugerah sebagai Siswa Terunggul.    

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 September 2017


誰是如來第一弟子?要記住,凡是念阿彌陀佛的人,他就是如來第一弟子。不但是阿彌陀佛極樂世界,稱第一弟子,十方一切諸佛如來,都稱他為第一弟子。我們聽了這些話,很幸運,這個法門我們遇到了。請看經文:
【心無下劣。亦不貢高。成就善根。悉皆增上。當知此人非是小乘。於我法中。得名第一弟子。】

經文清清楚楚、明明白白,我們要不要做佛的第一弟子。要想做佛第一弟子,只有這部經上有,其他經上沒有。這部經為什麼會有?彌陀如來,在一切諸佛大眾當中稱為第一,佛是諸佛當中的第一,佛的弟子也稱為第一弟子。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八O集)  2017/9/17




 
 
Kita selalu melupakan lafalan Amituofo di setiap waktunya, setiap butir niat pikiran yang muncul, tak lain adalah hal-hal yang berkaitan dengan orang lain dan diriku, tidak ada yang bukan merupakan karma buruk.

Contohnya saja dalam belajar Buddha Dharma, anda juga menciptakan karma buruk, mengapa demikian? Oleh karena anda diberi kesempatan menjadi Siswa Terunggul, tetapi anda malah menyia-nyiakannya, niat pikiranmu yang timbul masih saja membeda-bedakan dan melekat, merupakan orang awam yang sesuai dengan standar enam alam tumimbal lahir.    

Anda percaya dengan sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas), tetapi bukanlah keyakinan benar, namun adalah kepercayaan takhayul. Kalau sudah jadi kepercayaan takhayul, maka anda juga takkan menanggapinya dengan serius.

Dengan demikian anda bersalah pada Buddha Sakyamuni, bersalah pada para Buddha Tathagata di sepuluh penjuru alam, oleh karena semua Buddha menyebarluaskan sutra ini, yang menasehati seluruh makhluk supaya melatih Pintu Dharma ini.

Bagaimana sikap kita menerimanya, bagaimana pula cara kita melafal Amituofo, hal ini tidak boleh tidak diketahui. Yakni “tidak boleh memandang rendah pada diri sendiri”, mengapa demikian?

“Dengan cara demikian untuk menyempurnakan dan mengembangkan akar kebajikan”. Dengan perkataan lain, apabila kita memandang rendah pada diri sendiri, tidak berani melihat jauh ke depan, maka kemajuan itu takkan kita peroleh.  

Padahal sudah diungkapkan dengan jelas, bahwa setiap insan mempunyai kesempatan yang sama dalam Pintu Dharma ini, tak terkecuali bagi yang pernah melakukan Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan, asalkan bersedia bertobat maka juga mempunyai kesempatan yang sama.

Seperti kasus Kaisar Tang Tai-zong, ini merupakan sejarah Tiongkok, semua orang mengakui Tai-zong sebagai kaisar yang baik dan bijak! Namun akhirnya jatuh ke Neraka Avici. Ini adalah nyata dan bukan semu. Untuk keluar dari Neraka Avici tidak mudah, mengalami siksaan yang tak terungkapkan dengan kata-kata. Apa sebabnya? Membunuh orang, inilah yang dikatakannya pada kami.

Mengapa membunuh orang? Perang, mengobarkan peperangan. Kekuasaannya diperoleh dengan kekuatan militer, hal ini tercatat dengan jelas dalam sejarah, berapa banyak korban yang jatuh akibat peperangan yang dia kobarkan!

Baik Bangsa Tiongkok maupun bangsa lainnya, yang mati akibat mengobarkan peperangan, jatuh ke Neraka Avici. Dia juga memberitahukan pada kami, para kaisar yang mendirikan Dinasti baru, umumnya tak berdaya menghindari pemakaian kekuatan militer, maka peluang jatuh ke Neraka Avici juga sangat besar.    

Perang bukanlah hal baik, setelah jatuh ke Neraka barulah menyesali kesalahannya, namun sudah terlambat. Berapa panjang usia di Neraka Avici? Buddha membabarkan di dalam sutra Mahayana, 80 ribu kalpa besar. Terlampau susah, terlampau sengsara, 80 ribu kalpa besar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 September 2017


我們時時刻刻,把這句佛號都忘掉了,起心動念,是非人我,無不是業,無不是罪。就一般來說,造業;就學佛來說,你有罪,為什麼?因為你可以當第一弟子,你放棄了,你起心動念還是分別執著,標準的六道凡夫。你信這個經,不是真信,是迷信。迷信,沒把它當作一回事情,哪裡當真?對不起釋迦牟尼佛,對不起十方世界一切諸佛如來,那些都是弘揚這部經的,勸大家修這個法門的。

我們用什麼心態來接受,用什麼方法來念佛,不能不知道。「心無下劣」為什麼?於自善根,能生信故。換句話說,我們自己感覺得我們卑下,不敢向上看,往上我們沒有分。明明告訴你,這個法門人人有分,縱然造作五逆十惡,你還是有分。五逆十惡的罪,我們要牢牢記住唐太宗的故事,這是中國歷史上,大家都承認的好皇帝、明君!他墮地獄,墮什麼地獄?無間地獄。這是真的,不是假的。無間地獄不容易出來,經歷無間的苦難,苦不堪言。為什麼原因?殺人,他告訴我們的。為什麼殺人?戰爭,發動戰爭。他的政權是憑武力奪來的,這歷史上記載得很清楚,殺多少人!中國人、外國人,死墮無間。他也告訴我們,開國的帝王,多半都沒有辦法避免武力,墮無間地獄的機會最多。戰爭不是好事,墮到地獄之後才知道錯了,後悔莫及。無間地獄的壽命多長?大乘經典裡面佛常說,八萬大劫。太難了,太苦了,八萬大劫。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八O集)  2017/9/17




 

Ketahuilah bahwa praktisi ini bukanlah akar Hinayana. Bahkan Buddha memuji praktisi sedemikian sebagai : “Didalam DharmaKu, disebut Siswa Terunggul”.

Di dunia ini berapa banyak sindiran bahwa Praktisi Pelafal Amituofo hanya tahu melatih diri sendiri saja, memandang rendah pada Praktisi Pelafal Amituofo. Baik aliran yang mempraktekkan sila, belajar sutra, Zen, memang banyak yang menganggap melafal Amituofo adalah melatih diri sendiri saja, bukanlah Bodhisattva.   

Melatih diri sendiri saja adalah Hinayana, cuma tahu menjaga diri sendiri, tidak tahu menyelamatkan makhluk lainnya. Sesungguhnya mereka tidak tahu bahwa Praktisi Pelafal Amituofo telah menyelamatkan banyak orang, bagaimana caranya?

Dia memberikan teladan dalam bentuk tindakan nyata, yakni menfokuskan pikiran pada sepatah Amituofo, lihatlah saat terlahir ke Alam Sukhavati, dia begitu bebas tanpa rintangan, saat hidup di dunia, dia begitu bersahaja, saat meninggal dunia, menampilkan fenomena istimewa.

Mereka yang kerjaannya cuma tahu menyindir, sungguh salah tafsir pada makna yang dibabarkan Buddha, tidak benar-benar memahami dengan jelas makna yang dibabarkan oleh Buddha. Adalah Buddha Sakyamuni yang mengucapkannya, bukan orang lain, “Praktisi demikian bukanlah Hinayana. Ekayana lautan tekad Buddha Amitabha pantas diberi gelar Kereta Kerbau Putih Besar, hanya satu-satunya Ekayana, tidak ada lagi yang kedua apalagi yang ketiga”. 

Perumpamaan kisah tentang Kereta Kerbau Putih Besar tercantum di dalam “Sutra Lotus”, pada jaman dahulu kala merupakan moda transportasi, Kereta Kerbau Putih Besar adalah Kereta Kuda, dapat mengangkut banyak orang. Sedangkan kereta domba, kereta rusa cuma sanggup menarik satu orang saja. 

Maka itu Kereta Kuda merupakan moda transportasi yang paling bagus, sama halnya dengan Aliran Sukhavati merupakan Kereta Kerbau Putih Besar, Buddha Amitabha dan Buddha Sakyamuni menganugerahkannya kepada kita, kita harus menerimanya, kita mesti naik dan duduk di atas kereta tersebut, belajar dan melatih diri dengan bersungguh-sungguh.  

Metode melafal Amituofo sungguh merupakan Ekayana lautan tekad agung, maka itu dikatakan “Bukan merupakan Hinayana”.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 September 2017


『當知此人非是小乘』。不但不是小乘,「此人」,前面講的一心念佛的人。世上多少譏諷念佛為自了漢,瞧不起念佛。持戒的、學經教的、學禪的,確實有許多認為念佛是自了漢,不是菩薩。自了就是小乘,只顧自己,沒顧別人。殊不知,每個念佛自了的人都度很多人,他怎麼度的?他做榜樣給你看,就一句佛號,你看他往生多自在,活在世間很平淡,往生瑞相非常稀有。這些人對佛的意思疏忽了,沒有真正能體會到,「是則未了佛意」。「世尊金口親宣」,釋迦牟尼佛說的,不是別人說的,「如是之人非是小乘。彌陀一乘願海,悉賜大白牛車,唯是一乘,何有二三」。大白牛車的故事在《法華經》,古時候交通工具,大白牛車就是馬車,載重量大,坐人多。像羊車、鹿車只能拉一個人,兩個人牠就走不動了。所以馬車是最好的交通工具,等於說是淨宗法門是大白牛車,彌陀釋迦賜給我們,我們要接受,我們要乘坐,要認真去修學。彌陀確實是一乘願海,所以說『非是小乘』。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八O集)  2017/9/17
 


 

Ketika melafal Amituofo, kita merasakan sukacita tanpa batas mengalir di dalam hati, mengapa demikian? Pada satu kehidupan ini memperoleh penyelamatan. Pada masa kehidupan lampau, selama kalpa demi kalpa yang tak terhingga, berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, selama kalpa yang tak terhingga tidak berhasil keluar.

Pada masa kelahiran sekarang kita bersua dengan kesempatan untuk keluar, kesempatan ini adalah penyelamatan dari Buddha Amitabha, adalah Buddha Sakyamuni yang menyampaikannya pada kita, maka itu harus kita genggam dengan erat, tidak boleh melonggarkannya sama sekali, ini merupakan masalah besar yang utama.

Sedangkan yang lainnya cuma hal sepele saja. Namun dalam hal sepele, bila kebajikan yang dapat memberi manfaat bagi orang lain, juga harus kita lakukan, sedangkan yang tidak dapat memberi manfaat bagi orang lain harus kita lepaskan.    

Semakin banyak memberi manfaat bagi orang banyak, jangka waktu manfaat itu efektif makin panjang, maka jasa kebajikan juga kian besar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 September 2017


我們念佛這一句話,心裡面無量的歡喜、慶幸,為什麼?這一生得度了。過去無量劫來生生世世,在六道輪迴流轉,無量劫來出不去。這一生遇到出離的緣分,這個緣分彌陀、釋迦給我們的,要抓住,決定不能放鬆,這是頭等大事,其他的都是小事。小事裡面利益眾生的善行要修,不利於眾生的要放下。利益眾生愈多,利益的時間愈長,功德就愈大。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八O集)  2017/9/17