Minggu, 22 Oktober 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Oktober 2017


Berikut ini Upasaka Huang Nianzu menyebutkan bahwa “Dharmakaya Buddha memenuhi Dharmadhatu, tidak datang dan tidak pergi; Trikaya Buddha dari tiga masa, sesungguhnya tidak muncul dan tidak lenyap”. 

Tiga masa adalah masa lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang. Makna perkataan ini sulit dipahami. Dharmakaya Buddha memang memenuhi Dharmadhatu, dalam segala ruang dan waktu, terjalin dengan semua makhluk.

Maka itu anda melafal nama Buddha maka Buddha yang muncul di hadapanmu, anda melafal nama Bodhisattva maka Bodhisattva yang muncul di hadapanmu. Lantas mengapa kita sudah lama melafal Amituofo, tapi Buddha Amitabha masih saja tidak muncul?

Oleh karena kita melafal namaNya dengan tidak tulus, tidak punya rasa hormat, tidak terjalin. Mengapa dikatakan tidak punya rasa hormat? Waktu melafal Amituofo masih sibuk memikirkan urusan lainnya, maka itu tidak terjalin. Apabila menggunakan pikiran terfokus melafal Amituofo, tidak ada sebersit pun khayalan yang berbaur di dalamnya, begini barulah bisa terjalin.

Lantas kenapa pula kita bisa memiliki begitu banyak bentuk-bentuk pikiran? Ini adalah kekotoran batin dan tabiat. Kekotoran batin dan tabiat yang terlampau berat, bahkan untuk melafal sepatah Amituofo saja, dalam kurun waktu yang begitu singkat, cuma Amituofo saja, bentuk-bentuk pikiran pun bisa bermunculan, bercampur aduk ke dalam sepatah Amituofo, khayalan, perbedaan dan kemelekatan, betapa sulitnya! Kenapa dibilang sulit? Kekotoran batin dan tabiat sulit dilenyapkan.      

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Oktober 2017

下面是念老的話,「蓋謂佛身遍法界,無有來去;三際一如,本無生滅」。三際是過去、現在、未來。這幾句話的意思很難懂。佛身確實遍法界,無時不在,無處不在,跟一切眾生感應道交。所以你念佛,佛就現前,念菩薩,菩薩就現前。為什麼我們念了這麼久,佛菩薩沒有現前?我們念得不誠懇,念得沒有恭敬心,不相應。為什麼沒有恭敬心?念佛裡面還夾雜著念頭,所以沒有感應。念佛如果是一心稱念,沒有一個妄念夾雜,就有感應。為什麼我們有這麼多的雜念?這是煩惱習氣。煩惱習氣太重了,連我們念這一聲佛號,這麼短的時間「阿彌陀佛」,你看這麼短的時間,每一個字裡面都夾雜著妄想、分別、執著,真難!為什麼難?煩惱習氣難斷。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八九集)  2017/10/12

 


 

Sebelum belajar Ajaran Buddha, terlebih dulu harus mengeliminasi rintangan karma. Untuk menghapus rintangan karma juga membutuhkan bantuan dari Kalyanamitra, mengapa demikian? Kita sendiri tidak tahu di mana letak rintangan karma kita, dengan perkataan lain, kita tidak tahu darimana kita harus memulai melatihnya. 

Tabiat yang begitu banyak, bukanlah diciptakan pada satu masa kelahiran sekarang ini, namun merupakan kebiasaan yang sudah dipelihara sejak kelahiran demi kelahiran lampau selama kalpa yang tak terhingga, menjadi tabiat yang sulit diubah.

Enam akar atau enam indria, semua praktisi juga mengetahuinya, ketika enam indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran) melakukan kontak denga enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), jelas dan dimengerti, bagus, apakah itu? Prajna kebijaksanaan.

Apabila 6 indria melakukan kontak dengan 6 kondisi luar, langsung timbul keserakahan, kebencian, kebodohan, keangkuhan, yakni muncul khayalan, perbedaan, kemelekatan, maka masalah ini sangat besar, ini adalah benih sebab para makhluk berputar di lingkaran enam alam tumimbal lahir, benih sebab yang sesungguhnya.

Coba amati ke dalam diri sendiri, apakah kita termasuk orang begini, begitu mata melihat rupa, telinga mendengar suara, hidung mencium bau, lidah mengecap rasa, detik berikutnya langsung timbul ketamakan, kebencian, kebodohan, kesombongan? Hanya ingin memuaskan nafsu keinginan diri sendiri? Ini disebut rintangan karma.

Apa yang dimaksud rintangan karma? Yakni yang merintangi kesucian hati kita, hati sejati kita, yang menghalangi kesetaraan hati kita, yang merintangi pencerahan hati kita.

Suci, setara dan tercerahkan adalah hati sejati, tetapi saat sekarang ini hati sejati kita masih tersesat, hati sejati kita mengalami rintangan yang parah, sehingga jadi hati khayal, hati khayal ini menciptakan tumimbal lahir, menciptakan karma, dengan hati sejati barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Dengan hati khayal melafal Amituofo, bagaimana bisa terlahir ke Alam Sukhavati? Sekarang kita sudah memahami akar permasalahannya. Setelah memahaminya, maka yang penting adalah mengamati dengan seksama, meningkatkan mawas diri, begitu khayalan muncul, segera melafal Amituofo, meredam bentuk-bentuk pikiran, jangan biarkan berkelanjutan, ini disebut melatih diri, ini disebut ketrampilan.       

Praktisi tempo dulu berkata, “Tidak takut niat pikiran timbul, hanya ditakutkan terlambat menyadarinya”. Bentuk-bentuk pikiran bermunculan, ini adalah normal, mengapa demikian? Anda orang awam, masih memiliki rintangan karma, jadi ini adalah normal, biarkan saja dia bermunculan, asalkan jangan terlambat menyadarinya, jangan biarkan dia berkelanjutan.

Kalau anda terlambat menyadarinya, maka dia sudah sempat menciptakan karma. Menyadarinya, cara yang terbaik adalah melafal Amituofo, begitu sebersit khayalan muncul, langsung melafal sepatah Amituofo untuk meredamnya, mengalihkannya, ini merupakan metode terunggul diantara 84 ribu metode.     

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Oktober 2017

要學佛,首先得消業障。消業障也要靠善知識,為什麼?我們自己不知道自己哪些是業障,換句話說,修行無從下手。我們在一起學習講得很多。毛病、習氣很多,這不是一生造成的,過去生生世世無量劫來,薰染成了習慣。六根,真的修行人都知道,怎麼個修法?六根在六塵境界上,清清楚楚、明明白白,好事,那是什麼?般若智慧。如果六根接觸六塵境界,隨時很快的就起貪瞋痴慢,就起妄想、分別、執著,這個麻煩就大了,這是眾生六道輪迴的因,真正的因。我們想想自己是不是這樣的人,眼見色,耳聞聲,鼻嗅香,舌嘗味,一接觸是不是就起貪瞋痴慢?就想滿足自己的欲望?這叫業障。障礙什麼?障礙我們的清淨心,真心,障礙我們的平等心,障礙我們覺悟的心。清淨平等覺是真心,真心迷了,真心裡面有嚴重的障礙,變成了妄心,妄心造生死輪迴,造業,真心才能往生極樂世界。於是念佛不能往生,原因我們明白了。明白之後,重要的是細心的觀察,高度的警覺,這些妄想雜念一出現,立刻就把它降伏,不讓它繼續,這叫修行,這叫功夫。古人講的,「不怕念起,只怕覺遲」。念頭起來是正常,為什麼?你是凡夫,你有業障,這是正常,起來隨它起來,要覺悟。你覺悟得太遲了,你覺悟,它已經造業了。覺,最好的方法就是佛號,阿彌陀佛,妄念一動,一句阿彌陀佛提起來把它壓住、把它轉變了,這是八萬四千法門裡面,無比殊勝的法門。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八九集)  2017/10/12



 
 

Di dalam “Sutra Intan” tercantum bahwa “Segala sesuatu yang mempunyai rupa, semuanya adalah khayalan semu”, segala sesuatu yang ada di sekitarmu, yang berwujud, semuanya adalah palsu, bukan nyata adanya. Lantas bagaimana kalau palsu? Yang palsu mesti dilepaskan, yang sejati yang mesti diambil.

Yang paling jelas adalah ketika bentuk-bentuk pikiran bermunculan, biarkan saja bermunculan, yang penting pusatkan perhatian pada melafal Amituofo, sepatah Amituofo dilafal berkesinambungan, mengenyahkan segala khayalan, perbedaan dan kemelekatan, menyapunya hingga sebersih-bersihnya, begini sudah betul.

Ini merupakan cara efektif untuk meredakan kekotoran batin dan tabiat, menggunakan bait sutra, memakai lafalan Amituofo, atau metode lainnya, juga banyak sekali, ada 84 ribu pintu Dharma banyaknya. Mesti tercerahkan, mesti meredam kekotoran batin, membangkitkan pikiran benar.

Membaca sutra adalah pikiran benar, melafal Amituofo adalah pikiran benar, melafal nama Bodhisattva juga adalah pikiran benar, memelihara kebiasaan mengembangkan pikiran benar.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Oktober 2017

《金剛經》上講的「凡所有相,皆是虛妄」,在你身上周邊拔不掉的,全是假的,不是真的。假的怎麼樣?放下,真的要提起。最明顯的就是念頭起隨它起,把念頭集中在佛號上,一句阿彌陀佛念到底,把這些妄想、分別、執著統統念掉,一掃而空,這就對了。這是對付煩惱習氣的好方法,用經文、經句,用佛號。或者是用,方法很多,就八萬四千法門。決定要覺悟,決定要把煩惱降伏住,正念生起來。讀經是正念,念佛是正念,念菩薩也是正念,養成正念的習慣。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八九集)  2017/10/12




 
 
Dalam masyarakat sekarang ini, ke mana harus mencari Kalyanamitra Sejati? Kalau bukan Kalyanamitra Sejati, maka dia akan menuntun ke jalan yang salah, bukan melangkah di Jalan KeBodhian yang benar, kebanyakan menuntun jatuh ke tiga alam rendah, masalah ini sungguh parah sekali. 

Diantara tiga alam rendah, yang paling mengerikan adalah Neraka, yang menuntun kita ke Neraka, terlampau banyak, bahkan terlampau banyak sekali, dimana-mana bisa dijumpai; sedangkan yang menuntun kita menuju pencapaian Anuttara-samyak-sambodhi, malah terlampau sedikit sekali, bahkan tidak tampak. Inilah kondisi masyarakat kita sekarang ini, maka itu pencapaian kita begitu sulit berhasil.

Pertama-tama kita harus memiliki kemampuan untuk membedakan dengan jelas, baik dan buruk, benar dan salah, sesat dan sejati, terlebih dulu menyelamatkan diri sendiri barulah membantu orang lain. Kalau diri sendiri saja tidak serius mengamalkan, lalu anda pergi memberi ceramah mengajari orang lain, mustahil dia mau percaya, orang lain melihat perilaku-mu dulu, barulah mau mendengar ucapanmu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Oktober 2017

在現代的社會,到哪裡去找真善知識?如果不是善知識,他把方向導錯了,不是走的菩提正道,很大多數的都是走向三惡道,很麻煩。三惡道裡頭最可怕的地獄,誘引我們入地獄道的,太多太多了,到處都看得到;引導我們到三藐三菩提的,太少了,沒看見。這是我們現前的社會,所以我們成就難。首先我們要培養一個,有能力觀察善惡、是非、邪正,要有這個能力,先度自己再幫助別人。如果自己不先幹,你講給別人聽,人家不相信,人家先看你的樣子,再聽你的說話。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八九集)  2017/10/12

 


 
 
Apa yang dimaksud dengan insan berpandangan benar? Yakni yang tidak melekat pada rupa. Apa yang anda lihat, anda mengingatnya di dalam hati, anda tidak sanggup melupakannya, mengapa demikian? Tidak tahu bahwa segala sesuatu yang memiliki rupa, semuanya adalah khayalan semu.

Orang yang memahaminya, insan yang memiliki akar kebajikan, dia mengetahuinya, segala fenomena adalah palsu, dia telah melihatnya dengan jelas, kelanjutannya bagaimana? Dia takkan menaruh di hati, inilah yang dimaksud dengan tidak melekat pada rupa, hatinya bersih dan suci. 

Sedangkan yang dimaksud dengan melekat pada rupa adalah menaruhnya di dalam hati, ingin memperoleh dan takut kehilangan. Ingin memperoleh dan takut kehilangan adalah kesalahan, mengapa demikian? Rupa adalah khayalan semu, bukan nyata adanya, jadi buat apa anda menghendakinya? Mustahil anda bisa memilikinya.

Lantas kenapa pula anda takut kehilangan? Pada dasarnya tidak ada sesuatu apapun, jadi buat apa anda takut kehilangan? Jadi tidak ada yang bisa diperoleh, juga tidak ada yang hilang, takkan timbul suka dan benci, takkan kala melihat rupa dan mendengar suara, timbul niat suka dan benci, takkan ada fenomena sedemikian rupa, semua ini adalah khayalan semu, ini adalah kesalahan, mengapa demikian?

Hatimu telah tercemari olehnya, hatimu tidak suci lagi. Di dalam hati yang suci tidak ada dualisme, di dalam hati yang setara tidak ada tinggi-rendah, betul-salah, dan sebagainya. Ketika mata melihat rupa, telinga mendengar suara, pikiran tetap terfokus dan hati tetap suci. Hati yang suci muncul ke permukaan, bagus, inilah Samyak-sambodhi.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Oktober 2017

什麼是正知見人?心不住相。什麼叫住相?住相就是著相。你所看到的,你記在心上,你忘不掉,為什麼?不知道凡所有相皆是虛妄。明白的人,有善根的人,他知道,所有現象都是假的,他看到了,看得很清楚,看了怎麼樣?不放在心上,叫不住相,心上乾乾淨淨。住相是放在心上,放在心上他有取有捨。取捨都錯了,為什麼?相是假的,不是真的,你取它幹什麼?你取不到。捨什麼?根本不需要捨,根本就沒有,不存在,你捨它幹什麼?沒有取捨。不生好惡,不會在見色聞聲,產生你喜歡它、你討厭它,沒有這個現象,這都是妄相、都是錯誤,為什麼?你的心被染污,你的心不清淨。清淨心裡頭沒有這些東西,平等心裡頭沒有高下,是非、高下統統沒有,見色聞聲心是定的、心是清淨的。清淨心現前,好,這就是三藐三菩提。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四八九集)  2017/10/12