Rabu, 08 November 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Oktober 2017


Hari ini kita memiliki keyakinan, namun apakah keyakinan ini mendalam atau tidak, masih merupakan persoalan, apakah keyakinan ini kokoh atau tidak, juga masih bermasalah. Para praktisi menanyakan hal ini kepadaku, solusinya itu ada, yakni harus mempunyai hati yang teguh, hati yang sabar, perbanyak membaca, perbanyak mendengar ceramah Dharma.

Sekarang mendengar ceramah Dharma sudah lebih leluasa, ada rekaman suara yang berisi penjelasan, boleh didengar berulang kali. Tempo dulu lebih sulit, harus mengandalkan kehadiran anggota Sangha atau praktisi senior berceramah di atas podium, tidak berdaya merekam hasil ceramahnya.  

Kini kemajuan ilmu dan teknologi telah memberi keleluasaan yang begitu besar buat kita, jika keyakinan hati masih goyah, ketrampilan melatih diri masih saja belum efektif, apa yang harus dilakukan? Anda mendengar berulang kali ceramah ini dari awal sampai akhir, boleh diulang hingga 5 kali atau 10 kali, kemudian membangkitkan keyakinan mendalam tanpa keraguan sama sekali, pembacaan sutra boleh dilepaskan, yang penting adalah keyakinan dan tekad mesti sempurna, mengulang sepatah Amituofo, begini sudah boleh.

Upasaka Huang Nian-zu memberitahukan pada kita bahwa ketrampilan melafal Amituofo tak peduli dangkal atau mendalam, tak peduli efektif atau tidak efektif, asalkan dilimpahkan dengan bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, maka Buddha Amitabha pasti datang menjemput dirimu, anda meraih keberhasilan.

Maka itu beberapa patah kata di sini, yakni dapat menumbuhkan keyakinan mendalam, “Memperkokoh keyakinan mendalam”, dapat menumbuhkan masih harus memperkokoh; “Merupakan kesempatan yang langka untuk dapat bersua dengannya”, kita telah bersua dengan Pintu Dharma ini, hendaknya membangkitkan hati sukacita.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Oktober 2017

我們今天有信,這信夠不夠深有問題,這個信堅不堅固也有問題。同學也問我怎麼辦,辦法不是沒有,有,要有恆心,要有耐心,多讀、多聽。現在聽經方便,有講解的錄音,可以重複的聽。過去很難,完全靠法師、大德們登台演說,沒有辦法字字句句都記錄下來。現在科技幫了我們很大的方便,信心還會動搖,功夫不得力怎麼辦?你把這個經從頭到尾聽個三遍、聽個五遍、聽個十遍,然後深信不疑,經可以放下了,信願具足,一句佛號就行了。念祖老居士告訴我們,真信切願,念佛功夫不管淺深,不管得力不得力,只要迴向求生淨土,阿彌陀佛一定來接引你,你就成就了。所以這個地方的幾句話,能生深信,「堅固深信」,能生還要堅固;「時亦難遭」,我們遇到了,要生歡喜心。

文摘恭錄 淨土大經科註(第四回)  (第四九六集)  2017/10/19