Rabu, 18 Januari 2017

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Januari 2017


Yang namanya merayu atau membujuk itu mudah dilanggar, termasuk juga sikap hormat yang munafik penuh kepura-puraan, umumnya kita sebut sebagai ucapan menjilat, kata-kata untuk mengambil hati orang lain.

Banyak orang yang suka melanggar hal yang satu ini, sikap munafik yang penuh kepura-puraan ini menimbulkan dampak selanjutnya yaitu fitnah atau menghasut.  

Mulut-mu Harimau-mu, kadang kala ucapan kita bagaikan harimau yang melukai orang lain, maka itu lidah diibaratkan sebagai pedang, bahkan bisa mengancam keselamatan jiwa, maka ini sungguh mencelakai orang lain.

Terutama kalau orang ini adalah insan baik, ada orang yang menjelek-jelekkan dirinya, lantas anda juga ikut-ikutan menyalahkannya, “Betul sekali dia itu memang jahat, biar saya yang jadi saksinya”, dengan pedang lidah mencabut nyawa orang lain, harus menanggung beban karma akibat membunuh orang, jadi saksi palsu.

Kalau tidak jelas duduk perkara-nya, jangan sembarangan berkomentar, sudah jelas nanti barulah bicara, begini barulah betul. Karma buruk yang dilakukan melalui mulut atau ucapan merupakan yang paling mudah dilanggar, sudah berapa banyak yang celaka oleh karena perkataan!

Maka itu dalam mengucapkan perkataan hendaknya senantiasa bermawas diri. Kalimat berikut ini sungguh bagus, Upasaka Huang Nian-zu berkata, mengupayakan supaya mulut bisa serupa dengan hidung, hidung tidak bisa berbicara, bagus! Oleh karena mulut bisa melontarkan perkataan makanya mengundang banyak petaka.                    

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Januari 2017

綺語很容易犯,包括虛而不實的恭維,我們講巴結人的語言,討好的語言,都屬於這些。所以綺語人很容易犯,而且人多喜歡犯,就是不恰當的虛偽恭敬,讓一般沒有深入了解的人產生誤會。它的反面就是毀謗,就是兩舌。這是兩舌的反面,它不是撥弄是非,它是不恰當的讚歎,不恰當的恭維,這一類的。所以道宣律師說得好,這什麼原因?妄業薰積,阿賴耶識裡面受薰習的種子很多,所以很容易它就跑出來。動,這個動就是在言語上他就虛構,說一些不實在的,討好別人的,巴結人的,讓人心生歡喜。這都是不應該的。「繼云:又行基菩薩云:口虎害人,舌劍斷命。如口如鼻,死後無咎。令人之口如鼻之無言,免生過咎」。口虎,言語有時候像虎狼一樣害人,所以把舌比喻作劍,甚至要人命,那就是冤屈了別人。特別是這個人是好人,有人說他是壞人,你也在指責他,沒錯,他是個壞人,你給他作證,那這就是舌劍斷命,要背殺人因果的責任,偽證。自己沒有搞清楚不說話,真正搞清楚了你再說,這就對了。口舌真造業,身三業,意三業,語言是四種:妄語、兩舌、綺語、惡口,最容易犯的是言語,因言語而墮落的不知道有多少人!我們自己在言談當中,要時常小心謹慎。底下這句話說得好,這是黃念老說的,令人之口像鼻一樣,鼻不會說話,好!口會說話,免生過咎。

文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回)  (第四一八集)  2017/1/14


 

 
 
Buddha Sakyamuni membabarkan bahwa akibat dari berbohong itu ada 10 butir yaitu :
1. Mulut mengeluarkan bau tidak sedap
2. Dewa bajik menjauhi, makhluk halus jahat jadi punya peluang mendekat
3. Walaupun berkata jujur, orang lain juga tidak percaya
4. Saat insan bijak berdiskusi, selalu tidak berkesempatan menghadirinya
5. Selalu difitnah, reputasi jadi jelek
6. Tidak dihormati, walaupun berpendidikan tinggi juga tidak ada yang mau menggunakannya.
Tidak ada yang percaya pada perkataanmu, anda mengajari orang lain, orang lain juga tidak sudi mendengarkanmu.
7. Selalu diliputi banyak kegelisahan
8. Menanam karma fitnah, benih sebab fitnah dan faktor pendukung fitnah
Berikut ini adalah tiga hal yakni karma fitnah, benih sebab fitnah dan faktor pendukung fitnah, ini merupakan problema besar.
9. Saat menjelang ajal jatuh ke Neraka
10. Bila terlahir kembali jadi manusia sering difitnah orang lain
Setelah bebas dari Neraka dan berkesempatan jadi manusia kembali akan selalu mendapat fitnahan.

Dapat dilihat bahwa berbohong mengundang petaka yang luas, setelah meninggal dunia jatuh ke Neraka, maka itu harus bermawas diri jangan sampai meremehkan karma berbohong ini.

Maka itu sebelum melontarkan perkataan ada baiknya dipertimbangkan dulu, apakah pantas diucapkan keluar, apa dampak yang akan ditimbulkan-nya, baik atau buruk.

Pada umumnya sutra menyebutkan “Sepuluh Kejahatan” menurut urutannya adalah karma yang dilakukan melalui tubuh jasmani, mulut dan pikiran, hanya satu-satunya di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas”, yang menempatkan Vaci Kamma (perbuatan yang dilakukan melalui mulut atau ucapan) di urutan pertama, apa maknanya? Mulut atau ucapan mesti disucikan terlebih dulu, barulah kemudian mensucikan tubuh jasmani dan pikiran.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Januari 2017

「如《智度論》云:如佛說,妄語有十罪」。《智度論》上這十罪要很認真的多念幾遍。哪十種?「一、口氣臭。二、善神遠之,非人得便」。善神遠離你,非人是惡鬼、邪魔外道,他得便,你不知不覺跟他走了,這就錯了。「三、雖有實語,人不信受。四、智人謀議,常不參預」。有智慧的人在一起談話,他常常遇不到。「五、常被誹謗,醜惡之聲周聞天下」。有許多人毀謗你,批評你,這種毀謗、批評有時候過分了,醜惡之聲周聞天下。「六、人所不敬,雖有教敕,人不承用」。你說話人家不相信你,你教別人人家不聽你的。「七、常多憂愁。八、種誹謗業因緣」。這底下三樁事情,毀謗的業,毀謗的因,毀謗的緣,這麻煩大了。「九、身壞命終當墮地獄」。大小地獄很多。「十、若出為人,常被誹謗」。脫離地獄到人道來,常常被別人毀謗。「可見妄語之惡業,廣生過咎。死墮地獄,慎莫輕忽」。造業重,不是輕罪。說話,說話之先最好先過濾一下,想想這句話當不當說,應不應該說,會產生什麼樣的影響,這個影響是善還是惡。許許多多經論講到十惡業,都是按照身、口、意的排列順序,唯獨佛在《無量壽經》,把口業擺在第一,這是什麼意思?淨業三福第一個,口業清淨,然後才講身、意,意思很深。

文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回)  (第四一八集)  2017/1/14





 

Kalimat berikutnya adalah “Mengakui diri sendiri telah mencapai kesucian”, kalau belum mencapai kesucian dalam arti Theravada yakni tingkat kesucian pertama, Srotapanna, Aliran Mahayana yakni Bodhisattva tingkatan dasar, tetapi malah mengaku di hadapan orang banyak bahwa dirinya telah mencapai kesucian, maka ini adalah kebohongan besar.

“Hukuman yang akan diterima adalah paling berat melampaui akibat Akusala- Vaci-Kamma lainnya”. Jadi diantara empat jenis “Akusala Vaci Kamma” (karma buruk yang dilakukan melalui ucapan), ini merupakan kebohongan besar yang paling berat hukumannya.

Padahal dia belum mencapai kesucian tetapi berani mengaku di hadapan umum kalau dia telah mencapai tingkatan kesucian. Orang semacam ini kami pernah melihat dan mendengarnya namun takkan menyebarluaskan kebusukan ini.   

Apakah dia benar sudah mencapai tingkatan kesucian, kami juga tidak tahu. Kami hanya tahu bahwa diri kami belum mencapai kesucian. Sepanjang hidup kami hanya tahu rajin belajar dan melatih diri. Materi pelajaran dasar seperti mengamalkan sila dan menimbun kebajikan, inilah yang sedang giat kami amalkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Januari 2017

我們看末後這一句,「謂己有道」,若是未得聖道,從小乘初果就是聖道,大乘初信位的菩薩也是聖人,聖道,言我得聖道,是為破大妄語戒。「所受罪報遠過於其他口業」。此地講的四種過失統統犯了,都比不上這一條重,就是大妄語。大妄語是沒有得道,自己跟人說我得道了。這種人我們也遇到過,我們姑妄聽之,不敢宣傳。他是不是真得道了,我們不知道。我們只能是有自知我沒得道,是真的。我們一生在修,努力在修學,沒有證得。基本的科目,持戒、修善,我們努力在做。

文摘恭錄 — 淨土大經科註(第四回)  (第四一八集)  2017/1/14