Kamis, 28 Desember 2017

Pendidikan Hukum Karma 04



Pendidikan Hukum Karma Menyelamatkan Hati Manusia
Bagian 4

Berdasarkan waktu masaknya karma, buah akibat dapat dibagi atas empat jenis :

(1) Karma yang langsung berbuah : pada masa kelahiran sekarang menciptakan karma, pada masa kelahiran sekarang pula menerima balasannya. Karma baik atau buruk yang diperbuat itu berat, atau yang sering diperbuat, maka mungkin pada masa kelahiran sekarang menghasilkan buah akibat.

Maka itu peruntungan atau nasib manusia, dapat mengandalkan ketekunan diri sendiri untuk mengubahnya, di dalam “Empat Ajaran Liao-fan” banyak diungkapkan perumpamaan sedemikian rupa. 

Orang yang semula miskin dan berusia pendek, setelah menciptakan karma baik yang besar, kemudian berubah jadi kaya dan panjang umur; yang semula kaya dan panjang umur, oleh karena menciptakan karma buruk yang berat, kemudian berubah jadi miskin dan berusia pendek.

Kita harus mengetahui, karma yang langsung berbuah merupakan “balasan kembang”, ibarat sebelum berbuah, terlebih dulu bunga akan bersemi, balasan yang sesungguhnya adalah di masa kehidupan mendatang, balasan yang akan diterima lebih berat lagi daripada balasan kembang ini.  

2. Karma yang berbuah pada masa kelahiran mendatang : pada masa kelahiran sekarang menciptakan karma, pada masa kelahiran mendatang menerima akibatnya. Ini merupakan fenomena yang paling umum.      

3. Karma yang berbuah pada masa-masa kelahiran berikutnya :  pada beberapa periode kelahiran berikutnya menerima balasan. Pada masa kehidupan sekarang menciptakan karma, tetapi tidak langsung berbuah, pada masa kelahiran yang kedua juga masih belum menerima balasan, menunggu hingga masa kelahiran ketiga atau keempat, bahkan sampai melewati waktu yang lama sekali, barulah karmanya berbuah.

4. Karma yang bersifat tidak tetap :  Pada masa kelahiran sekarang menciptakan karma, tidak tahu akan berbuah pada masa kehidupan yang mana, harus melihat bertemu dengan faktor pendukung (jodoh) yang bagaimana barulah dapat ditetapkan. Apabila pada masa kehidupan sekarang, faktor pendukungnya sudah mencukupi, maka pada masa kehidupan sekarang juga menerima balasannya; apabila pada masa kehidupan berikutnya faktor pendukungnya barulah lengkap, maka pada masa kehidupan berikutnya barulah menerima balasan.     

Dipetik dari Ceramah Master Chin Kung
Tanggal : 1 April 2016
Bertempat di :  Hong Kong Airport AsiaWorld-Expo
Kode Artikel : 32-137-0001


因果教育挽救人心
()

依照產生報應的時間,果報可以分成四種:
(一)現報:今生造業,今生受報,又稱為現世報。善惡業造得重的,或者造得多的,就可能今生產生果報。所以人的命運是可以靠自己努力去轉變的,《了凡四訓》裡面就講了很多這種情況。本來貧賤短命的人,造了大善業之後,變得富貴長壽;本來富貴長壽的人,造了大惡業之後,變得貧賤短命。我們要知道,現世報只是一種花報,就好像結成果實之前會先開花一樣。正式的果報還在來世,果報的程度比花報更重。
(二)生報:今生造業,來生受報。這是最普通的現象。
(三)後報:今生造業,下下生以後才受報。這輩子造業之後,現報沒受,第二輩子生報也沒有受,要等到第三世、第四世,甚至更久以後,才受報。
(四)不定報:今生造業,不一定在哪一生受報,要看遇到什麼樣的緣而定。如果現世就緣具足了,就現世受報;如果後世才緣具足,就後世才受報。

文摘恭錄 :
因果教育挽救人心—二O一六年清明祭祖法會談話  (共一集)  2016/4/1  香港機場亞洲博覽館  檔名:32-137-0001