Senin, 20 November 2017

Petikan Ceramah 8 Desember 2012


Mengenai perihal “Xin Ling Fa Men” ini, saya tidak tahu sama sekali, dia bilang saya mendukungnya, tidak benar ada hal begini, saya tidak tahu sama sekali.

Melatih diri pada masa kini, ada orang yang berniat menjadi anggota Sangha, saya pernah bertemu orang begini, saya menasehatinya supaya jangan meninggalkan keduniawian, setelah meninggalkan keduniawian malah tidak gampang melatih diri. Mengapa demikian?

Di dalam vihara ada peraturan-peraturan yang harus ditaati, kalau tidak dipatuhi, anda menuruti kemauan sendiri, maka anda dipersilahkan keluar dari vihara, anda jadi kesal dan risau.

Jaman sudah berubah. Mengapa Master Yin Guang tidak bersedia menerima dan menabhiskan murid? Alasannya sangat mendalam. Yang paling dicemaskan Master Yin Guang adalah anda tidak melatih diri sesuai dengan Dharma, kalau tidak melatih diri sesuai dengan Dharma maka akibatnya jatuh ke tiga alam rendah, menabhiskan seorang murid jadi mengantar satu orang ke tiga alam penderitaan, Master Yin Guang tidak tega melakukannya, sungguh beralasan. 

Orang lain datang mencariku supaya menabhiskannya, apakah saya dapat menjamin dirinya sepanjang hayat dapat melatih diri sesuai dengan Dharma? Takkan timbul lobha, dosa dan moha, takkan menciptakan karma buruk? Tidak bisa menjaminnya.

Selain itu saya juga tidak mempunyai vihara, seorang diri tak peduli bagaimanapun melatih diri, apapun akibatnya juga ditanggung sendiri, takkan menyeret orang lain; lain halnya kalau menabhiskan orang lain, maka anda harus bertanggung jawab, ini bukan hal main-main.

Sampai di sini pembahasannya, beberapa hari yang lalu yakni tanggal 7, saya menerima sebuah dokumen, dari Australia, ada sebuah perkumpulan yang menamakan diri mereka sebagai “Xin Ling Fa Men”, kabarnya lagi popular, saya juga tidak tahu. Mereka itu merupakan sebuah perkumpulan, saya tahu pekumpulan mereka, tapi kalau mengenai “Xin Ling Fa Men”, saya tidak tahu sama sekali.

Di Australia ada sebuah perkumpulan orang Tionghoa yang bernama “Australian Chinese Buddhism Association”, ketika berada di Australia, saya sempat bertatap muka dengan mereka, tetapi saya tidak tahu seluk beluk organisasi mereka, saya dan mereka juga jarang menjalin komunikasi, lagi pula saya sudah lama meninggalkan Australia. 

Pernah suatu kali mereka menyelenggarakan paket tour ke Tibet, lalu mengundang saya, tapi saya tidak ikut. Saya hanya pernah membantu mereka dengan memberi sumbangan untuk membeli peralatan medis untuk mengobati pasien penyakit mata, untuk menyembuhkan penyakit katarak, seingatku sepertinya saya menyumbang lebih dari 600 ribu dolar Australia.

Mengenai perihal “Xin Ling Fa Men” ini, saya tidak tahu sama sekali, dia bilang saya mendukungnya, tidak benar ada hal begini, saya tidak tahu sama sekali. Saya pernah bertemu mereka satu atau dua kali saja, dia bilang dia pernah berfoto denganku, ini merupakan hal yang lumrah, saya sebagai anggota Sangha, setiap ada tamu yang datang berkunjung, ingin berfoto bersama, apakah saya boleh menolaknya?

Maka itu foto tidak bisa dijadikan patokan. Terutama waktu sekarang, foto-foto dengan mudah bisa diperoleh di internet, untuk mencetak selembar foto begitu gampang, bukan hal sulit.

Maka itu praktisi sekalian janganlah karena melihat selembar foto, jangan karena melihat saya menulis beberapa aksara untuknya, lalu mengira kami memiliki hubungan yang mendalam, tidak ada sama sekali, saya tidak mengenalnya.

Saya pernah berfoto dengannya, saya juga sudah lupa, aksara apa saja yang pernah saya berikan padanya, saya juga sudah lupa, sebersih-bersihnya. Kalau mengambil hal ini untuk dijadikan patokan bahwa saya mendukung dia, maka ini adalah palsu, tidak benar ada hal begini.

Bila kalian menemukan hal begini, segera menelepon HK Buddhist Education Foundation untuk mencari tahu kebenarannya, di sini kami tegaskan kembali bahwa saya dan “Xin Ling Fa Men” ini tidak memiliki hubungan apapun, anda pasti dapat mengetahui secara keseluruhannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Desember 2012


這個是心靈法門,我不知道,他說是我支持的,沒有這回事情,我完全不曉得。

現在修學,有些人發心出家,我遇到了,我就勸他不要出家,出家反而不容易修行。為什麼?寺院庵堂有規矩,你必須要遵守,你要不遵守,做你自己的,別人就把你趕走,你就會生煩惱。這是什麼?時代不一樣了。為什麼印光大師不給人剃度?這個道理很深。印祖最擔心的是你不能如法,修得不如法,修得不如法將來墮三途,剃一個就是送一個到三途,不忍心這麼做法,非常有道理。人家來找我剃度,我敢保證他一生修學能如法嗎?不起貪瞋痴慢,不造罪業嗎?不能保證。自己又沒有道場,也沒有僧團,一個人不管怎麼修,什麼果報自己承受,不牽累別人;剃度,那你得要負責任,這個不是開玩笑的事情。
  
說到這個地方,這是前天七號,我收到一個文件,是澳洲的,有一個心靈法門,聽說很流行,我不知道。它是澳洲有一個組織,這個組織我知道,但是這個心靈法門我不知道。澳洲有個華人團體「澳洲華人佛教協會」,我在澳洲的時候跟他們見過面,但是這個團體不知道,我跟他們也不常常往來,離開澳洲也久了。他們曾經辦過一次西藏之旅,邀請我,我沒有參加,有這麼一個活動。但是那次我幫助他們,送他們這些盲人的醫療器材,治白內障的,我記得我好像捐助六十多萬澳幣,這在國內做過這個事情,都忘掉了。這個是心靈法門,我不知道,他說是我支持的,沒有這回事情,我完全不曉得。我跟他們見過一、二次面,他說他有拿到我的照片,這是很普通的事情,我們這個出家人,人家來了,要跟我照一張照片,能拒絕他嗎?所以照片不能算數。尤其是現在照片在網路上都能找到,做一個假照片是很容易的事情,不是難事。所以諸位不要看到照片,不要看到我給他題幾個字、送幾個字,我們就有很深的關係,沒有,根本不認識。我跟他照過的忘掉了,送他幾個字也忘掉,乾乾淨淨。如果拿著這個說是我支持他怎麼樣,這是假的,不是真的。諸位如果遇到這些事情,打電話到香港佛陀教育協會來印證,這個地方就給你講了,我們跟這個有沒有往來,知不知道這個事情,你就完全知道了。

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第五十九集)  2012/12/8 
 香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0059




 

Sekarang, kasus serupa begini, saya percaya sangat banyak, lebih banyak lagi dibandingkan tempo dulu. Bertahun-tahun silam Kepala Biro Pemerintahan Tiongkok Bagian Kepengurusan Agama, Ye Xiao-wen, berkunjung ke Hong Kong lalu mencariku. Saya mendampinginya menyantap sarapan di hotel, dia memberitahuku, Master Chin Kung, apakah anda tidak tahu bahwa di Daratan Tiongkok banyak orang yang memperalat nama anda untuk melakukan kejahatan. Saya jawab, saya benar-benar tidak tahu. Kemudian beliau berkata, tidak apa-apa, kami mengetahuinya, kami akan mengurusnya. Saya menjawab, terima kasih banyak.

Masalah yang terjadi di Daratan Tiongkok, biro pemerintahan di sana yang akan mengurusnya. Seperti beberapa hari yang lalu, saya dengar di Tiongkok ada seorang umat yang menabhiskan umat lainnya, tidak ada anggota Sangha, lalu memperalat namaku, menurut anda bukankah ini merupakan fitnah? Saya tidak mengenal orang ini, mungkin saja pernah mengunjungiku di Hong Kong, bertatap muka se-kali saja.

Ini merusak citra Ajaran Buddha, perbuatan begini akibatnya jatuh ke Neraka Avici, kenapa berani melakukan hal begini? Hal ini, organisasi agama dan departemen agama setempat seharusnya ikut campur dan mengambil tindakan, hal ini akan membawa kerugian bagi negara dan masyarakat, tidak dapat dibedakan jelas mana anggota Sangha tulen dan aspal, ini merupakan masalah serius.  

Maka itu mereka datang bertanya padaku, ingin saya menyampaikan beberapa patah kata. Saya bilang tidak perlu, kalau pada waktu begini saya keluar dan memberi komentar, berarti saya telah ikut mencampuri urusan Agama Buddha di Tiongkok, saya takkan melakukannya, ini merupakan urusan organisasi Buddhis setempat, merupakan urusan departemen agama setempat, ini bukan urusan saya.

Kini kami tidak lagi menetap di Daratan Tiongkok, maka itu saya takkan memberi komentar apapun, sampai di sini, sambil mengingatkan bahwa kelakuan umat itu adalah tidak sesuai dengan Dharma. Umat Buddhis janganlah karena kesenangan sesaat sehingga menciptakan karma buruk yang mengantarnya jatuh ke Neraka, ini sungguh tidak pantas.

Terlebih-lebih kalian yang pergi ditabhiskan olehnya, kelak diantar ke dalam Neraka Avici, bukan mengantarmu ke Alam Sukhavati di penjuru barat, Buddha Amitabha pasti takkan sudi menerima dirimu, oleh karena kamu adalah palsu, bukan yang asli.   

Untuk terlahir ke Alam Sukhavati, yang penting adalah hati yang penuh ketulusan. Mengapa demikian? Syarat untuk terlahir ke Alam Sukhavati adalah “Membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”, inti dari Bodhicitta adalah hati yang penuh ketulusan. 

Tulus, suci, setara, tercerahkan, maitri karuna, dengan hati begini melafal Amituofo pasti terlahir ke Alam Sukhavati, tak peduli anggota Sangha maupun orang awam, pasti terlahir ke Tanah Suci Sukhavati. 

Anda membangkitkan niat luhur meninggalkan keduniawian, menampilkan rupa seorang anggota Sangha, apa tujuannya? Apakah digunakan untuk menipu orang lain, mengelabui uang umat? Kalau bukan untuk menipu orang, jadi buat apa anda ditabhiskan?

Jaman dulu orang yang hendak meninggalkan keduniawian takkan sembarangan ditabhiskan orang lain, mereka akan mencari anggota Sangha senior, mereka meninggalkan keduniawian tujuannya adalah untuk mencari pencerahan.

Sekarang malah terbalik, tidak perlu ditabhiskan anggota Sangha lagi, bahkan umat boleh ditabhiskan oleh umat, mau jadi apa kalau begini? Tidak pernah dengar ada aturan begini.  

Maka itu saya berharap agar siswa Buddha mesti mengikuti apa yang tercantum di dalam ajaran sutra, tidak boleh tidak membaca sutra, kalau tidak membaca sutra anda jadi percaya takhayul, setelah belajar ajaran sutra, mesti menerapkannya dalam kehidupan keseharian.

Master Yin Guang berkata, 84 ribu pintu Dharma, setiap pintu Dharma ada sutra pegangannya, ada sutra sebagai landasannya, bila terpisah dari ajaran sutra, maka anda akan melatih diri secara sembarangan, anda takkan mencapai keberhasilan.

Demikian pula dengan Aliran Sukhavati, yang berlandaskan pada Lima Sutra dan Satu Sastra, paling sedikit juga harus menjadikan satu sutra sebagai pedoman, sepanjang hayat takkan berubah, barulah anda dapat meraih keberhasilan. 
        
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Desember 2012

  現在這些事情,我相信很多,比從前更多。早年宗教局長葉小文到香港來訪問,他就找我。我到旅館陪他早餐,他就告訴我,他說法師,國內有很多人假冒你的名義在幹壞事,你都不知道。我說,我真的是不知道。他說,這沒有關係,我們曉得,我們來處理。我說,那就謝謝你了。國內的事情,國內宗教部門去管。譬如前幾天我聽說,也是在國內,居士剃度,沒有法師,居士給居士剃度,拿著我的名義,你說冤不冤枉?這人我真的不認識,也可能到香港來訪問,見了一次面。這個是破壞佛教形象,這個做法是墮阿鼻地獄,怎麼敢做這種事情?這樁事情,國內佛協、宗教局一定要干預,這個對國家有傷害、對人民有傷害,將來出家,真的出家、假的出家就分不出來,這是大問題,不是小問題。所以他們來問我,要我好像來說幾句話。我說沒有必要,這時我要說話,這是我干涉中國的佛教,我不干涉它,這是他們的事情,這是佛協的事情、是宗教局的事情,這不是我的事情。我們現在沒有住在國內,所以我什麼話不說,這說到這裡,順便提起來,這不如法。這些居士們,不要逞一時高興,造下地獄的罪業,這個不值得。還有你們去參加剃度的,你們被他剃度,將來都送進阿鼻地獄,不是送你到西方極樂世界,極樂世界阿彌陀佛決定不會收你,你是假的,不是真的。往生極樂世界,最重要的是至誠心。為什麼?往生的條件是「發菩提心,一向專念」,菩提心的體就是至誠心。至誠,清淨、平等、正覺、慈悲,用這樣的心念阿彌陀佛決定得生,無論出家不出家,決定生淨土。你發心出家,現個比丘相,為什麼?是不是為招搖撞騙,騙取信徒的財物?如果不是招搖撞騙的話,你剃頭幹什麼?古人剃頭,真的是找高僧大德,是求道的。現在居然不需要法師,居士跟居士就可以剃度,這成什麼話?聞所未聞。所以希望真正佛門弟子要依照經教,不能不讀經,不讀經你就是迷信,經教上一定要下功夫。印光大師說得好,八萬四千法門,門門都有經教做基礎,離開經教,你是盲修瞎練,你不會成就。淨宗不例外,淨土有五經一論,至少要依止一種,一生不能改變,你才會有成就。

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第五十九集)  2012/12/8 
 香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0059